Mengatasi Banjir, Indonesia Berguru Ke Belanda

Nasional / 8 February 2009

Kalangan Sendiri

Mengatasi Banjir, Indonesia Berguru Ke Belanda

Budhi Marpaung Official Writer
4524

Indonesia yang selama beberapa tahun ini kerepotan dalam menangani banjir berencana mengirim tim khusus ke Belanda. Menurut rencana, kepergian tim Indonesia ke Negera Kincir Angin tersebut untuk mempelajari water management (manajemen air) disana.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sesuai bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Belanda Jan Peter Balkenende di Kediaman Resmi PM Belanda Catshuis. Dalam pertemuan tersebut JK ditemani Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo (Foke) dan Dubes RI untuk Belanda, Junus Effendi Habibie.

Menurut JK, Belanda merupakan negara yang handal menangani soal air, jadi Indonesia meminta bantuan dalam hal teknis pengendalian air.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo yang turut mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kunjungan mengatakan bahwa Belanda memiliki komite khusus persiapan pengelolaan air yang tugasnya mempersiapkan pengelolaan air di Negara Kincir tersebut. Ditambahkan lagi bahwa Pemprov DKI Jakarta juga akan mengirimkan putra-putri Jakarta untuk belajar di Negera Belanda sebagai bentuk persiapan pemerintah provinsi dalam menangani banjir ke depannya.

"Ada rencana mengirim orang ke Belanda untuk belajar. Karena Belanda sumber pengetahuan dan pengalaman bagi DKI Jakarta,"pungkas Foke.

Kunjungan resmi wakil Presiden JK beserta rombongan ke Negara Belanda tidak hanya membicarakan masalah pengelolaan air tersebut, akan tetapi juga masalah ekonomi. Yang menjadi salah satu fokus pembicaraan adalah mengenai kesiapan Shell untuk bekerjasama dengan Pertamina dalam mengelola Natuna D Alpha.

Sumber : okezone.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami