Pengusaha Muda Akan Dapat Insentif

Investment / 19 January 2009

Kalangan Sendiri

Pengusaha Muda Akan Dapat Insentif

Puji Astuti Official Writer
2730

Para pengusaha muda yang membangun usaha baru di sektor industri dan mampu menyerap banyak tenaga kerja diusulkan mendapat insentif oleh Departemen Perindustrian (Depperin). Ada usulan di beberapa sektor, bagaimana agar muncul pengusaha-pengusaha baru khususnya lulusan perguruan tinggi untuk membuka usaha di sektor industri.

"Mereka dapat bergerak di berbagai bidang yang ada di sektor ini seperti pada industri kreatif dan IKM (Industri Kecil Menengah), dengan harapan mereka dapat meningkatkan daya saing produk kita," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Fahmi Idris, usai memberikan DIPA 2009 secara simbolis kepada masing-masing Ditjen Depperin, di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan pemberian insentif ini masuk dalam usulan program stimulus yang telah didapat sektor industri berupa Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) dan Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BM DTP).

Pemerintah telah menyediakan dana Rp 12,5 triliun untuk memastikan sektor riil tetap bergerak dalam menghadapi dampak krisis keuangan global. Sektor manufaktur mendapat Rp 2,5 triliun untuk BM DTP dan Rp 3,9 triliun untuk PPN DTP.

"Departemen Perindustrian memang akan mengusulkan tambahan dana sebesar Rp 1 triliun hingga Rp 2 triliun untuk program tersebut dan tambahan untuk PPN DTP," ujarnya.

Namun, Fahmi belum dapat menyebutkan sektor industri apa saja yang akan memperoleh insentif dari penambahan dana yang disediakan pemerintah guna mendorong pergerakan sektor riil yang mencapai Rp 50 triliun tersebut.

Ia juga menjelaskan usulan program stimulus yang diberikan pada lulusan perguruan tinggi baru tersebut guna meningkatkan daya saing Indonesia terutama di sektor-sektor yang menghasilkan produk yang banyak diserang oleh barang-barang ilegal, termasuk besi baja dan permesinan.

Sumber : Investor Indonesia/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami