Tantangan Untuk Perut Anda - Kuliner Kawangkoan

Entertainment / 17 January 2009

Kalangan Sendiri

Tantangan Untuk Perut Anda - Kuliner Kawangkoan

agnes.faith Official Writer
5672

Ajang liburan adalah waktu yang tepat untuk Anda pulang kampung dan menikmati indahnya kampung halaman.

Kawangkoan! Itu adalah nama kampung halaman saya di Manado, Sulawesi Utara. Kawangkoan terkenal sebagai kota kacang, karena disana adalah produsen kacang tore terbesar se-Sulut. Bahkan karena namanya itu, warga kawangkoan membuat tugu kacang besar di Kawangkoan.

Ok, kita mulai satu-satu kuliner di kawangkoan. Saya mulai dengan pisang goreng yang lezato ini. Tampilannya yang berbentuk kipas tentu sedikit lebih menarik dari pisang goreng biasanya. Kelezatan pisang goreng ini terletak pada dabu-dabu yang adalah pasangannya (tapi bukan dabu-dabu mentah). Untuk santai dan ditemani oleh kopi, hmmm. Pasti seru. Ditambah lagi suasana dingin di pedesaan cocok untuk penggemar kuliner.

Untuk menu makan siang, saya coba Ragey. Sate babi ini dijamin akan membuat Anda tak segan-segan untuk mendobelkan porsi makan Anda. Bumbu yang meresap pada dagingnya membuat Ragey menjadi gurih dan lezat. Tak lupa juga ditemani dengan si dabu-dabu mentah.

Bila anda pernah mendengar sate keong, nah ini hampir sama jenisnya, tetapi orang Manado menyebutnya dengan sate Kolombi. Rasanya gurih dan sedikit alot. Menantang adrenalin Anda untuk mencobanya lagi. Mujair bakar! tidak pernah bosan untuk memakannya. Karena saya penggemar ikan, maka bila memakan makhluk yang satu ini jangan harap ada sisanya, hehe.

Dan yang terakhir, yang sudah sangat mendunia saya rasa, Tinutuan alias bubur Manado. Tampilannya yang unik dan terlihat agak berantakan (hampir sama seperti gado-gado yang tercampur) tidak membuat saya mundur untuk memakannya terus. Tinutuan mempunyai nilai gizi yang tinggi karena bahan-bahannya sebagian besar adalah sayur-sayuran. Tentu saja ditemani dengan dabu-dabu dan ikan nike (ikan kecil-kecil dari Danau Tondano).

Itulah penelusuran kuliner di Kawangkoan. Mungkin bila Anda ke Manado, jangan lupa untuk singgah dulu di Kawangkoan dan merasakan perpaduan udara dingin dan makanan yang menggugah selera di atas.

Sumber : .agn.
Halaman :
1

Ikuti Kami