Mengelola Bisnis Keluarga Dengan Profesional

Career / 24 October 2008

Kalangan Sendiri

Mengelola Bisnis Keluarga Dengan Profesional

Puji Astuti Official Writer
3824

Bisnis keluarga, entah itu sebuah restoran, toko, atau bahkan sebuah usaha jasa dapat ditemukan dimana saja. Mungkin saja keluarga Anda juga menjalankan sebuah bisnis dimana Anda terlibat didalamnya.

Bisnis keluarga memiliki prospek yang cukup baik untuk jangka panjang, apalagi jika mereka yang terlibat didalamnya menikmati pekerjaan dan juga interaksi satu sama lain.

Namun di lain pihak, ada beberapa tantangan ketika berada dalam sebuah bisnis keluarga. Seperti adanya pertengkaran antar anggota keluarga, perlakuan yang tidak sama terhadap karyawan yang bukan anggota keluarga, dan juga kurangnya perencanaan kedepan merupakan isu utama yang menjadi permasalah dalam sebuah bisnis keluarga.

Jika Anda memiliki peranan dalam pengelolaan usaha keluarga Anda, Anda perlu tahu bagaimana memperlakukan dengan baik terhadap pegawai yang merupakan anggota keluarga dan yang bukan. Anda harus tetap memperhatikan apa yang terjadi di lapangan. Berikut beberapa tip untuk pengelolan yang baik terhadap sebuah bisnis keluarga.

Pisahkan antara waktu keluarga dan waktu kerja

Salah satu kekuatan sebuah bisnis yang sebagian besar karyawannya adalah anggota keluarga yaitu adanya komitmen yang kuat kepada perusahaan. Bahkan mereka bersedia bekerja lembur dan juga bekerja di hari libur. Tetapi hal itu cara kerja yang kurang sehat.

Bisnis mungkin adalah sesuatu yang penting, namun demikian juga keluarga. Tetap perlu waktu untuk keluarga dimana bisa menikmati liburan bersama tanpa memikirkan urusan kantor sama sekali.

Memisahkan waktu untuk kerja dan waktu untuk keluarga itu artinya Anda juga tidak membawa urusan kantor kerumah. Contohnya, jangan sampai isu penting yang terjadi di kantor menjadi sebuah permasalah pribadi antara Anda dan sepupu Anda, maupun sebaliknya. Pisahkan masalah pribadi Anda, dan permasalahan pekerjaan. Selesaikan apa yang harus Anda selesaikan di kantor ditempah seharusnya, demikian juga apa yang harus Anda selesaikan dirumah. Dengan pemisahan ini, maka hubungan antar anggota keluarga dapat terjaga dengan baik.

Perlakukan semua orang sama

Bukan berarti ketika Anda bekerja bersama saudara, atau memperkerjakan saudara maka ada pembedaan perlakuan dari karyawan lain. Perlakukan semua orang sama. Kadang sangat mudah bagi kita untuk terpancing memperlakukan seorang saudara dengan lebih istimewa.  Namun hal ini bisa membuat suasana kerja tidak enak, karena pastinya hal itu akan menimbulkan kecemburuan, atau bahkan persaingan tidak sehat.

Untuk itu, pastikan usaha keluarga Anda dijalankan secara professional. Buatlah peraturan dan prosedur yang bisa menjadi patokan baik dalam SOP maupun masalah gaji. Hal ini untuk menepis semua isu yang negative dan juga ekspektasi yang berlebihan.

Ijinkan orang untuk pergi

Hal ini terjadi di usaha apapun, ada satu titik dimana karyawan akan merasa perlu untuk melakukan perubahan atau menemukan pekerjaan lain. Ketika hal itu menjadi keputusan saudara yang bekerja di perusahaan keluarga Anda, pastikan Anda siap dan juga menghormati keputusannya. Jika Anda memaksanya untuk tetap tinggal hal tersebut akan membahayakan hubungan Anda dengannya, baik secara professional maupun pribadi.

Siapapun pasti ingin mempertahankan pegawai yang baik, dan berprestasi, tapi walau bagaimanapun jangan pernah memaksa seseorang untuk tetap bertahan. Selain itu, ijinkan untuk setiap orang dalam bisnis Anda untuk bebas menyampaikan aspirasinya. Kunci sebuah komunikasi yang sehat adalah, Anda sebagai pengusaha mau menghargai pendapat orang lain, sekalipun itu adalah pegawai Anda sendiri. Anda perlu mendengarkan pendapat mereka sebagai bahan pertimbangan.

Jangan gunakan kekuasaan dengan semena-mena

Seandainya Anda seorang ayah, dan putra Anda bekerja sebagai pegawai Anda, itu tidak berarti Anda bisa menggunakan kekuasaan Anda untuk membuat putra Anda mengikuti semua kemauan Anda dalam membuat keputusan bisnis. Anda perlu menghormati keputusan Anda, sebagaimana jika Anda memperlakukan karyawan secara professional.

Apapun posisi Anda, memang tidak mudah ketika harus menggunakan kekuasaan yang ada ditangan Anda ketika itu berkaitan dengan saudara atau ikatan keluarga. Untuk itu, kunci paling penting adlah sebuah komunikasi yang sehat.

Memiliki rencana untuk mempersiapkan penerus Anda.

Sebuah bisnis, bahkan bisnis yang dikelola secara professional, yang paling penting adalah rencana untuk mempersiapkan suksesi. Sebuah usaha yang menghasilkan keuntungan yang besar, namun tidak memiliki rencana yang matang untuk penerus pengelola usaha tersebut, adalah sebuah bisnis yang gagal.

Untuk itu, menemukan sebuah strategi yang tepat dan manajemen yang tepat untuk mempersiapkan penerus masa depan perusahaan adalah sesuatu yang penting bagi kesuksesan sebuah bisnis keluarga.

Penerus yang tepat adalah menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat dan bisnis tersebut akan memiliki masa depan yang cerah.

 

Sumber : Ask men/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami