May The Movie : Kisah Cinta Mei 98 Yang Difilmkan

News / 4 June 2008

Kalangan Sendiri

May The Movie : Kisah Cinta Mei 98 Yang Difilmkan

Contasia Christie Official Writer
541

Setelah sukses lewat film Dealova bergenre remaja pada tahun 2005, Flix Pictures kembali menggarap film yang kali ini sangat berbeda. Film MAY menampilkan kisah cinta yang menempati ruang-ruang emosi karakter-karakter yang terlibat di dalamnya, lengkap dengan ruang historik yang melatarbelakanginya. MAY merupakan kisah cinta dengan latar belakang kesaksian atas peristiwa yang merupakan catatan kelam bangsa Indonesia yaitu Peristiwa Mei 1998. MAY menggambarkan bagaimana cinta antara tokoh Antares yang warga pribumi dan May yang warga keturunan harus berpisah dan hancur lebur karena peristiwa sosial yang terjadi, termasuk memisahkan orang-orang di sekitar mereka. Namun demikian MAY juga menampilkan upaya penyembuhan luka dan pemaafan melalui cinta.

Film MAY skenarionya ditulis oleh Dirmawan Hatta dan Viva Westi dipilih untuk menjadi sutradara film ini. "Pilihan jatuh pada Viva Westi karena kami ingin menampilkan sudut pandang perempuan dalam mengangkat kisah yang latar belakang historisnya pedih dan keras karena sebuah peristiwa kerusuhan yang notabene identik dengan kekerasan dan kekerasan itu sangat "dekat" dengan laki-laki," jelas Heru Winanto selaku produser dalam film ini. "Film cinta itu sudah biasa, tapi bagaimana cinta yang harus terhempas karena hal diluar mereka yang saling mencintai dan hal itu adalah peristiwa kerusuhan Mei 10 tahun lalu, kita ingin menghadirkan kisah manusia yang luar biasa," tambah Heru. Sementara itu, Jenny Chang dan Yama Carlos didapuk sebagai pelakon May dan Antares. "Pilihan pada Jenny dan Yama jatuh karena akting mereka menghadirkan chemistry yang sangat sesuai dan berhasil menghidupkan karakter May dan Antares," ujar Viva Westi. "Saya ingin ketika penonton melihat Antares dan May, penonton bisa merasakan betapa besar cinta mereka terhadap satu sama lain. Latar belakang kerusuhan Mei 1998 di film ini akan menjadi gambaran bagaimana mereka kehilangan dan trauma, tapi juga penonton bisa melihat bahwa cintabisa memberikan pemaafan," terang Westi.

Film ini juga menghadirkan Lukman Sardi sebagai Gandang dan Tio Pakusadewo sebagai Harriandja, dua karakter yang memiliki peran besar dalam perubahan kehidupan May dan Antares. Selain itu, jajaran pemain lainnya adalah Tutie Kirana (ibu May), Ria Irawan (istri Gandang), Niniek L. Karim (mertua Gandang), Jajang C Noer (perawat), Andre Peter (jurnalis asing) dan Zahida Rafiq, aktris Malaysia.

Shooting film MAY dilakukan di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Kuala Lumpur, Malaka dan Genting Highland dalam waktu 30 hari. Film yang nantinya berdurasi sekitar 100 menit ini rencananya akan dirilis di bioskop pada 5 Juni 2008.

MAY

Pemain : Jenny Chang, Yama Carlos, Jajang C. Noer, Lukman Sardi, Niniek L. Karim, Tutie Kirana, Ria Irawan

Sutradara : Viva Westi

Genre : Drama

Produser : Heru Winanto

Produksi : Flix Pictures

Halaman :
1

Ikuti Kami