Kecantikan Tiada Arti Tanpa Rambut Indah

Fit & Charming / 3 November 2007

Kalangan Sendiri

Kecantikan Tiada Arti Tanpa Rambut Indah

Lestari99 Official Writer
10071

Kecantikan tiada arti tanpa rambut indah, benarkah? Begitulah bunyi iklan sebuah pembersih rambut yang pernah popular. Atau rambut indah tiada arti tanpa kecantikan? Barangkali kedua hal ini memang harus saling melengkapi. Namun, tidak dapat dipungkiri keindahan rambut memberi nilai tambah pada penampilan.

Tak hanya perempuan, para lelaki pun sangat memperhatikan penampilannya dengan menonjolkan rambut. Lihat beberapa selebritis. Mulai dari artis musik, sinetron, sampai pelawak, ramai-ramai menonjolkan rambut dengan berbagai model. Malah mereka menggunakan pewarna rambut sehingga rambut menjadi berwarna-warni.

Rambut sehat dan kuat tentu didambakan setiap orang, apalagi kaum hawa. Dan, rambut sehat dan kuat pun tentu akan menunjang kecantikan dan membuat penampilan menjadi semakin lebih menarik.

Namun, seperti apakah rambut sehat dan kuat. Rambut yang sehat berawal dari akar rambut. Mengandung 90% keratin. Rata-rata setiap orang mempunyai 100.000 folikel rambut di kulit kepala. Folikel ini akan menumbuhkan 30 m rambut per hari. Setara dengan 1 km rambut per bulan.

Pertumbuhan rambut tidak mengenal usia. Ketika rambut mengalami perubahan warna atau beruban seiring dengan penambahan usia, rambut tetap mengalami pertumbuhan. Fase pertumbuhan rambut umumnya melalui tiga fase, fase anagen (pertumbuhan), gase katagen (transisi), dan fase telogen (fase istirahat).

Fase anagen atau fase pertumbuhan berlangsung dua sampai delapan tahun. Pertumbuhan rambut kira-kira 1 cm per bulan. 80 - 90% pertumbuhan rambut pada fase ini. Pada fase pertumbuhan ini, rambut sangat sensitif terhadap pengaruh internal dan eksternal.

Pada fase katagen atau fase transisi berlangsung kira-kira dua minggu. Pertumbuhan pada fase ini akan berhenti. Sedang pada fase telogen (istirahat) berlangsung sekitar dua sampai empat bulan. Pada fase telogen ini, rambut akan mengalami kerontokan karena terdorong oleh rambut yang baru terbentuk. Kerontokan rambut dianggap normal 50 sampai 100 helai per hari.

Rambut memang memberi nilai lebih pada penampilan selain kecantikan. Perawatan untuk mendapatkan rambut indah umumnya telah dilakukan dengan baik. Berbagai produk perawatan rambut pun banyak ditawarkan mulai dari sampo, kondisioner, emustral atau creambath sampai tonik. Namun, pilihan atas produk tersebut untuk perawatan rambut harus disesuaikan dengan jenis dan karakter rambut.

Pernyataan kecantikan tiada arti tanpa rambut indah atau rambut indah tiada arti tanpa kecantikan, barangkali hanya sebuah penawaran agar tetap memperhatikan dan selebihnya melakukan perawatan rambut. Rambut yang kuat dan sehat yang pasti sangat didambakan dan memberi nilai tambah pada penampilan setiap orang.

Sumber : solusisehat.net
Halaman :
1

Ikuti Kami