Nabi Akhir Zaman

Internasional / 21 September 2007

Kalangan Sendiri

Nabi Akhir Zaman

Rosphyta Official Writer
14544

Anda sudah bersiap-siap untuk datang ke KKR di Istora Senayan pada tanggal 28 -29 September 2007 oleh hamba Tuhan yang kontroversial, T. B. Joshua? Well, mumpung KKR masih seminggu lagi, Anda bisa seperti ‘bertemu langsung' dengan menyimak pemikiran hamba Tuhan asal Nigeria. Setangguh apakah ia memberi jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sulit dijawab oleh hamba Tuhan sekalipun? Berikut selengkapnya:   

Kenapa ia tidak mengkritik hamba-hamba Tuhan yang lain?

"Walaupun kenyataannya banyak dari antara hamba-hamba Tuhan yang menghujatku setiap hari, aku menahan diri untuk tidak membalas perbuatan mereka, karena saya tahu konsekuensi serius akibat mengkritik orang yang diurapi Tuhan." 

Kepada orang-orang yang mengklaim bahwa mereka memberi kuasa kepada T. B. Joshua

"Satu hal yang saya tahu dengan pasti tentang manusia ialah jika mereka memberi Anda kuasa atau posisi mereka untuk mempromosikan Anda ke tempat yang lebih terhormat dan ketika Anda mulai sombong, mereka akan langsung mengambil alih kuasa yang mereka beri kepada Anda atau menyingkirkan Anda tanpa sepengetahuan Anda. Di sini saya menantang siapa pun yang mengklaim bahwa mereka memberi saya kuasa untuk menyembuhkan atau melepaskan orang, untuk menarik kembali kuasa mereka sekarang dan seterusnya sehingga saya tak punya kuasa apa-apa lagi. Biarkan mereka melucuti kuasa yang ada pada saya jika benar merekalah sumber kuasa yang sejati."

Bagaimana orang-orang yang suka menjelek-jelekan saya berpikir dan percaya bahwa seorang pria berusia 36 tahun bisa melakukan pekerjaan Tuhan dengan menggunakan kuasa roh-roh jahat di antara orang-orang Nigeria tanpa satu orang pun dapat melakukan hal-hal yang sama untuk mengalahkan imaginasiku.

Orang-orang itu harusnya menyadari bahwa Tuhanlah yang telah memakai saya untuk mengerjakan semua mukjizat dan tanda-tanda heran yang belum pernah terjadi sebelumnya, di dalam hidup umat-Nya ini.     

T. B. Joshua Menantang Pemerintah

"Jika pemerintah ingin tahu siapa saja hamba-hamba Tuhan di Nigeria yang sungguh-sungguh, pemerintah seharusnya mengundang semua pendeta, penginjil dan semua pengawas itu ke Tafawa Balewa Square dan memberi waktu masing-masing 10 menit kepada setiap mereka untuk melayani dan mendoakan orang. Lalu dengan mukjizat dan tanda-tanda heran yang meneguhkan pelayanan yang dilakukan masing-masing hamba Tuhan itu, pemerintah bisa tahu siapa hamba-hamba Tuhan yang sejati, dan siapa hamba Tuhan yang sebenarnya hamba mammon."  

Hamba-hamba Tuhan Yang Terus Mengutukinya

"Hamba-hamba Tuhan terus mengutuki aku daripada memberitakan Injil dimana mereka diutus, sedang melakukan hal yang membahayakan diri mereka sendiri. Makin mereka mengutuki aku, semakin berkurang kuasa urapan Tuhan yang ada pada mereka. Pergilah dan lihatlah apa yang sekarang sedang terjadi di negeri ini. Hamba-hamba Tuhan yang melakukan mukjizat dan tanda-tanda yang luar biasa telah kehilangan urapan yang ada pada mereka karena hujatan-hujatan yang mereka lakukan.

Kepada orang yang mengkritik bahwa ia menggunakan kuasa roh-roh jahat

"Tidak mungkin seseorang dapat melakukan mukjizat dan tanda-tanda heran yang jutaan orang Nigeria lainnya tidak dapat lakukan dan menyatakan bahwa orang itu adalah kaki tangan si iblis. Mereka - hamba-hamba Tuhan yang luar biasa, seharusnya menyatukan kekuatan dan mengusir hamba Iblis itu atau menyingkirkan orang itu."

Kepentingan siapa yang ia layani?

"Fakta bahwa saya tidak mengumpulkan uang dari orang-orang yang Tuhan telah pakai saya untuk membebaskan mereka, adalah bukti bahwa saya bekerja untuk Kerajaan Tuhan. Jika saya bekerja untuk si Iblis dan tidak mengumpulkan uang dari orang-orang yang Iblis telah mampukan saya untuk bisa menyembuhkan mereka, apa keuntungan buat saya?"

Rumor bahwa ia mengaku sebagai Tuhan Yesus

"Saya tidak pernah mengklaim bahwa saya adalah Tuhan Yesus. Saya tidak akan pernah bisa. Tidak ada kuasa saya bisa miliki bila saya mengklaim bahwa sayalah Yesus. Saya hanya seorang hamba yang tidak berguna. Bahkan jika saya punya kuasa untuk menciptakan manusia, saya tidak akan pernah mengklaim bahwa saya adalah Tuhan Yesus. Siapa saya? Saya tidur, saya bangun, saya makan. Ini isu belaka!"

Tuduhan bahwa ia tidak memberi makan jemaatnya dengan firman Tuhan, tetapi hanya memberi mereka kesembuhan

"Apa misiku jika aku tidak memberi mereka makanan firman Tuhan? Firman itu sendiri adalah Tuhan dan Tuhan adalah Firman. Mukjizat hanyalah alat untuk mengumpulkan orang-orang bagi Tuhan, sehingga mereka dapat dengan mudah dijamah oleh Kuasa Roh Kudus dan diselamatkan oleh Yesus Kristus. Misi utamaku yaitu menyelamatkan jiwa-jiwa bagi Kristus. Jika saya mengumpulkan orang-orang ini tanpa memberi mereka makan dengan firman Tuhan, lalu bagaimana saya bisa mencapai tujuan saya? Mukjizat adalah alat yang membawa kepada akhir, tetapi bukan akhir itu sendiri. Karena itu, setiap orang yang menerima mukjizat, menerimanya untuk keselamatan jiwanya."

Apakah ia pernah pergi ke luar negeri sebelum ia dipanggil menjadi hamba Tuhan atau tidak?

"Saya tidak pernah ke luar negeri sebelum saya dipanggil menjadi hamba Tuhan. Atas karunia Tuhan, saya melakukan apa yang mesti saya lakukan karena saya adalah anak perjanjian. Barang siapa disebut sebagai anak perjanjian ia akan melakukan apa yang orang-orang di masanya tidak bisa kerjakan. Setelah itu, banyak orang mungkin akan mengikuti jejaknya.

Mengapa jemaat Synagogue memberi salam satu kepada yang lainnya: "Emmanuel"?

"Tuhanku adalah Tuhan yang universal, jadi Ia tahu persis misi yang telah Ia percayakan kepadaku. Untuk dapat mengenali jemaatku, karena Ia tahu bahwa mereka akan pergi ke seluruh dunia, itulah sebabnya Tuhan memberi kami nama itu, jadi dimanapun mereka memberi salam dengan mengatakan Emmanuel, mereka dapat mengetahui bahwa mereka  adalah anggota jemaat dari The Synagogue Church of All Nations. ‘Emmanuel' mempunyai arti ‘Tuhan beserta kita' (Matius 1:23, Yesaya 41:10, Roma 8:31). Kami juga meneriakkan ‘Emmanuel' untuk memuliakan Tuhan supaya segala berkat dan kemenangannya menjadi miliki kita."

Mengapa ia seorang vegetarian

Saya tidak dilahirkan sebagai vegetarian. Kenyataannya, ketika Tuhan mengirim saya untuk berada di misi ini, saya menyadari bahwa tugas pelayanan bisa jadi membosankan. Saya mengutip Yohanes 5:37 yang berkata: "Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat". Dalam minggu itu juga, saya melepaskan orang-orang yang kerasukan roh-roh jahat (Ogbanjes), tukang sihir dan orang-orang yang punya kesaktian, (kurang lebih 1000 jumlahnya). Mereka bukanlah orang-orang biasa. Beberapa diantaranya adalah setengah manusia dan setengah ikan. Jadi, jika engkau makan ikan engkau tidak dapat mengusir mereka.

Sumber dari kuasa yang ada padanya

"Yesus Kristus adalah sumber kuasa yang ada padaku. Tanpa Tuhan Yesus saya akan jatuh. Tuhan Yesus adalah kekuatan saya. Dia-lah penopangku. Dia-lah segalanya. Tanpa-Nya, saya bukan apa-apa. Saya tidak dapat melakukan mukjizat dan tanda-tanda heran tanpa pertolongan Tuhan Yesus melalui kuasa Roh Kudus."

Misi dari Synagogue Church of All Nations

Synagogue yang saya tahu di Nigeria, yang Tuhan telah bangun dan dirikan dan Tuhan telah memerintahkan aku untuk mengawasi, dengan jelas dapat dinilai karena pekerjaan kesembuhan, pelepasan dan berkat-berkat karena "Synagogue Tuhan ini" menyampaikan kesaksian dari orang-orang yang berasal dari gereja lain, tempat dan kumpulan lain, dari dalam dan luar negeri, mereka hidup sebagai pewaris karunia Tuhan yang tinggal dan memenuhi kita dengan limpah selamanya."

Mengapa kuasa yang ada padanya tidak mungkin berasal dari setan

"Jika kuasa yang ada padaku berasal dari setan, tidak mungkin bagiku untuk terus-menerus dan secara konsisten bekerja melawan setan, karena setan adalah sumber dari penyakit AIDS, kanker dan berbagai penyakit mematikan lainnya, yang mana Tuhan telah memakai saya untuk membebaskan banyak orang dari penyakit-penyakit itu." Jika setan adalah sumber kuasa yang ada padaku, saya tidak dapat bekerja melawannya, karena itu bertentangan dengan apa yang Yesus katakan di dalam Alkitab bahwa Anda tidak dapat mengusir setan-setan dengan kuasa roh jahat."

Hamba-hamba Tuhan yang selalu menekankan tentang uang

"Seorang hamba Tuhan yang menekankan tentang uang atau mengumpulkan uang dari orang-orang yang ia sembuhkan atau lepaskan akan segera jatuh dari anugerah kepada rumput. Satu hal lagi yaitu ketika seorang nabi Tuhan melakukan kebiasaan memeras uang dari orang-orang yang Tuhan sembuhkan lewat dirinya, ia akan mendapat bagian dari penyakit, masalah dan kesukaran-kesukaran yang besar. 

Rahasia sukses

"Semua kritik dan aniaya telah membawa aku lebih dekat kepada Tuhan, dan mempercayakan diriku  sepenuhnya kepada Tuhan. Aku tahu bahwa aku mempunyai begitu banyak musuh dan penganiaya. Karena itu, Tuhanlah yang menjadi tempat perlindunganku dan bahwa Yesus Kristus adalah temanku. Kalau teman-teman duniawi, aku tidak punya, karena aku tahu bahwa cepat atau lambat mereka akan mengecewakan aku. Aku berjuang keras untuk melakukan kehendak Tuhan, mentaati-Nya dan mengikuti semua arahan-Nya. Itulah sebabnya mengapa kuasa ilahi di dalam diriku bertambah setiap hari. Saya bersyukur kepada Tuhan untuk semua musuhku dan orang-orang yang menganiayaku, tanpa mereka, saya tidak akan bisa seperti ini.  

Mukjizat dan Iman

"Banyak orang bertepuk tangan dan memberi sorak-sorai dengat bersemangat ketika mereka menyaksikan sebuah mukjizat terjadi. Namun diperlukan iman dan campur tangan ilahi untuk mengatakan kepada orang yang pincang: "Bangkit dan berjalanlah di dalan nama Yesus."

Kuasa Tuhan dan Kuasa Setan

"Kuasa Tuhan digunakan untuk memuliakan Tuhan dan kuasa setan untuk memuliakan setan."

Kekudusan & Berkat Tuhan

"Anda perlu hidup kudus supaya Anda dapat mengklaim berkat-berkat yang Tuhan telah persiapkan untuk Anda. Kekudusan membawa kesadaran akan berkat Tuhan sementara ketidakkudusan menghambat saluran berkat Anda."

Pentingnya Mencari Tuhan Terlebih Dulu

"Pertama-tama kita perlu mengenal Tuhan, melakukan kehendak-Nya dan mematuhi perintah-perintah-Nya. Tuhan adalah sumber semua kebutuhan duniawi Anda akan kekayaan, kebahagiaan dan damai, kesehatan yang baik dan kenyamanan. Semua yang akan Anda perlukan untuk hidup berhasil telah disediakan oleh Tuhan. Kunci untuk mengklaim janji-janji itu yaitu mencari kerajaan Tuhan terlebih dahulu."

Godaan dan Kehancuran

 "Jika Anda tidak cukup kuat mengatasi godaan, misalnya, godaan akan uang, godaan akan wanita, Anda tidak akan kuat mengatasi kehancuran manusia." 

Keunikan dan Pengucilan

"Jika Anda melakukan apa yang ribuan atau jutaan orang di sekitar Anda tidak dapat lakukan, Anda perlu memperhatikan langkah-langkah Anda. Orang pasti akan mengucilkan Anda. Mereka akan mengatai-ngatai Anda. Namun jika Anda yang Anda kerjakan, ribuan orang di sekitar Anda juga melakukannya, Anda tidak akan punya masalah. Anda akan punya banyak teman. Tidak ada orang yang mengejar-ngejar Anda."

Nabi-Nabi Palsu dan Pelayan-Pelayan Tuhan

 "Alkitab mengatakan bahwa Iblis akan datang sebagai malaikat terang dan hamba-hambanya menyamar sebagai pelayan kebenaran (I Kor. 11: 1-14). Hati-hatilah jika Anda ditipu oleh pengkotbah dan penginjil yang dapat mengutip setiap ayat dari Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu. Mereka bisa jadi adalah kaki tangan si Iblis yang sedang menyamar ( I Korintus 11: 1-14)."

Penyebab Masalah

"Penyebab masalah adalah dosa. Ketika Anda tidak jatuh dalam dosa Anda tidak punya masalah. Semakin Anda jatuh di dalam dosa, semakin banyak masalah yang Anda miliki. Jadi dosa adalah makanan setan, jika Anda tidak memberi makan setan ia tidak akan berpesta-pora atas Anda."

Membedakan Hamba-Hamba Tuhan Palsu dan Hamba-Hamba Tuhan Yang Sejati

"Saya pikir kita harus meninggalkan tugas ini kepada Tuhan yang akan memisahkan domba-domba dari kambing-kambing pada waktu yang telah ditentukan. Kendati sebelum Tuhan melakukan pemisahan itu, akan ada banyak kebingungan, namun Tuhan akan melakukannya pada waktu-Nya sendiri."

Hidup Berkelimpahan

"Berbicara secara spiritual, setiap kekurangan adalah bentuk rasa lapar. Penyakit, kemiskinan dan bahkan kematian adalah kelaparan. Dan pemenuhan secara permanen akan rasa lapar ini yaitu menerima Jesus Kristus tanpa syarat ke dalam hidupmu. Ketika Yesus hidup di dalam kamu, kelaparan, kemiskinan dan sakit penyakit adalah bagian dari masa lalu."

Keuntungan Hidup Menurut Kehendak Tuhan

"Tuhan adalah sumber segala berkat, baik berkat spiritual maupun berkat materi. Supaya Anda bisa menikmati berkat-berkat Tuhan, Anda harus terus-menerus hidup sesuai dengan kehendak-Nya dan perintah-perintah-Nya. Ingatlah, saat Anda dapat melakukan apa yang bertentangan dengan perintah Tuhan, Anda sedang menghambat hubunganmu dengan Tuhan, dan karenanya menutup saluran berkat Anda."

Mengapa beberapa hamba Tuhan kehilangan urapan mereka dan tidak punya kuasa apa-apa

"Kebanyakan hamba Tuhan membawa masalah kepada diri mereka sendiri karena kerakusan mereka akan hal-hal yang bersifat materi dari kehidupan. Banyak hamba Tuhan kehilangan urapan dan sementara itu beberapa hamba Tuhan telah disingkirkan dari kerohanian, karena kecintaan mereka akan uang dan hal-hal yang bersifat duniawi lainnya." Orang-orang yang terbiasa mengumpulkan uang dari orang-orang yang Tuhan pakai mereka untuk menyembuhkan dan melepaskan, harus tahu bahwa ini adalah kegagalan melakukan perintah dari Tuhan Yesus yang mengatakan, "engkau menerima secara cuma-cuma maka hendaklah engkau juga memberi secara cuma-cuma. Karunia rohani bukan untuk memuliakan diri sendiri, tetapi untuk memuliakan Tuhan. "

 "Orang-orang Yang Pikiranya Dikuasai Hawa Nafsu

"Orang-orang yang pikirannya dikuasai hawa nafsu seks adalah mangsa dari dunia ini. Mereka sangat rentan dengan perbuatan-perbuatan jahat. Bagi hamba-hamba Iblis, untuk menangkap dan menghancurkan orang-orang yang dikuasai hawa nafsu adalah sangat mudah seperti menangkap seekor lalat. Orang-orang yang dikuasai hawa nafsu adalah mayat hidup di tengah-tengah umat manusia, dan mereka menghancurkan 80% dari penduduk dunia. Mereka adalah orang-orang sundal, para penzinah, pemabuk, orang-orang congkak, orang-orang sesat, dan orang-orang yang mencari kepentingannya sendiri."   

Iman Yang Sempurna

Iman berarti bahwah Firman Tuhan menyatu dengan Roh Kudus. Ketika Anda mengatakan Firman Tuhan dan itu menyatuh dengan Roh Tuhan, apa pun yang Anda perintahkan pasti akan terjadi."

Orang Kristen Yang Sungguh-Sungguh Lahir Baru

"Barang siapa lahir dari Tuhan mengalahkan dunia ini. Orang Kristen yang sungguh-sungguh adalah laksana sungai kehidupan. Sukacita, kebaikan, kasih dan damai mengalir dari pribadi yang memiliki kuasa Roh Kudus yang tinggal di dalam dia."

Mengapa Orang Kristen masih menghadapi persoalan setelah menerima Kristus

"Beberapa orang Kristen masih menghadapi persoalan-persoalan serius setelah menerima Yesus Kristus di dalam hidup mereka karena cara mereka hidup seperti orang Kristen musiman. Mereka hidup untuk Kristus hari ini dan esok harinya mereka hidup untuk Iblis. Siapa pun orang Kristen yang ingin bisa mengatasi masalahnya, ia harus selalu menjadi orang Kristen. Orang Kristen yang sejati bukanlah orang yang kadang-kadang melakukan kehendak Tuhan, tetapi sepanjang waktu melakukan kehendak Tuhan."

Bersahabat dengan orang-orang duniawi

"Ada orang berusaha punya banyak teman untuk menolong mereka jika mereka sedang dalam kesusahan karena mereka tidak memiliki Yesus untuk tempat mereka bergantung. Jika Yesus Kristus adalah teman Anda, masalah akan lari daripadamu."

Mengapa ia tidak punya rekening bank

"Saya tidak menyimpan uang di bank karena saya tidak memikirkan kegagalan. Saya percaya karunia Tuhan di dalam hidupku akan terus bertambah. Tatkala aku mulai menyimpan uang di bank, berarti saya berpikir tentang kegagalan. Jika engkau punya iman Tuhan akan selalu menyediakan semua keperluanmu, Anda tidak perlu menyimpan uang di bank. Secara pribadi, saya sangat percaya bahwa Tuhan akan selalu menyediakan semua kebutuhanku sampai akhir misi dimana Tuhan telah mengirimku. Jadi, tidak ada gunanya bagiku untuk mulai menabung untuk berjaga-jaga bila musim hujan tiba. 

Mengapa saya menyimpan uang di bank sementara jutaan orang di sekitar saya mati - tidak ada makanan untuk mereka dan untuk keluarga mereka. Ada jutaan orang di sekitarku yang membutuhkan bantuan keuangan hanya untuk bertahan agar raga dan jiwa mereka masih menyatu. Saya pasti mengecewakan Tuhan jika saya tidak menolong mereka dan memilih untuk menyimpan kelebihan uangku di bank.

Pribadi Ilahi yang unik yang ada pada dirinya

"Pribadi ilahi di dalam diri saya mampu melakukan jutaan hal secara terus-menerus. Saya dapat tampil di hadapan ribuan orang di dalam mimpi-mimpi mereka di belahan dunia manapun mereka berada untuk membebaskan mereka dari sakit-penyakit, masalah, dan penderitaan mereka."

Keselamatan

"Keselamatan adalah anugerah Tuhan. Keselamtan tidak untuk diperdagangkan. Anda tidak dapat membeli Kerajaan Tuhan dengan uang."

Pemberitaan yang merusak

"Jujur bicara, mayoritas wartawan Nigeria tidak membantu Nigeria. Karena bukanlah sikap seorang patriot untuk menghancurkan apa yang telah dibangun oleh pendiri bangsa ini. Sementara orang kulit putih tidak melakukan hal semacam ini.

Apa yang terjadi di sini di Synagogue saat ini adalah cukup untuk menjadikan Nigeria lebih hebat dari Mecca atau Jerusalem. Mukjizat dan tanda-tanda heran yang Tuhan kerjakan di sini dapat mengubah Nigeria menjadi Tanah Suci terhebat atau Pusat Pariwisata di dunia. Bukannya menceritakan hal-hal baik, wartawan Nigeria lebih suka memberitakan hal-hal yang negatif tentang gereja. Namun, bukan maksud saya mengatakan semua wartawan buruk, banyak juga wartawan yang baik, objektif, dan memiliki nilai-nilai patriotisme yang tinggi.

Murid-muridnya/Para pengerjanya Yang Sekarang dan Akan Datang

"Beberapa orang datang karena satu masalah dan lain hal sementara ada juga yang datang karena menerima panggilan Tuhan, tetapi pada akhir zaman, tidak semua mereka adalah orang yang berkualitas. Mereka akan melayani seperti juga hamba Elisha melayani Elijah. Elisha pergi kepada Elijah untuk menjadi hambanya. Dari seorang hamba, jika engkau jujur dan taat, maka Tuhanlah yang akan memilihmu sebagai murid. Tuhan akan melakukan pekerjaan menjadikanmu sebagai murid atau nabi, tetapi adalah tugasku untuk melatihmu sebagai pelayan Tuhan."

Menghakimi Orang Lain

"Jika Anda menghakimi sesamamu berdasarkan keadaannya hari ini siapa yang akan menghakimi mereka di hari penghakiman nanti? Ingatlah bahwa kita melihat hal-hal bukan berdasarkan mereka sekarang ini tetapi berdasarkan keadaan kita sekarang ini."

Pengampunan

"Pengampunan adalah karunia Tuhan yang spesial, tidak ada orang yang dapat menerima pengampunan tanpa iman."

Pengurapan

Tidak ada sekolah untuk pengurapan, itu benar-benar karunia Tuhan saja.

Hati-Hati Dengan Apa yang Orang Katakan

"Hati-hati dengan apa yang engkau katakan karena apa yang engkau katakan mungkin mempengaruhi orang lain."

Tentang Mukjizat dan Ucapan Syukur Perpuluhan

"Fakta bahwa Tuhan mengunakan saya untuk melakukan mukjizat-mukjizat yang luar biasa dan tanda-tanda heran tidak berarti bahwa hamba-hamba Tuhan lain bukan orang yang diurapi Tuhan atau bahwa gereja mereka bukan gereja yang bertumbuh. Semua jari tidaklah sama. Jika selama ini Anda diberkati untuk menerima mukjizat di Gereja Synagogue, Anda bebas untuk kembali ke gereja Anda untuk memberi ucapan syukur Anda kepada Tuhan, karena tubuh Kristus adalah satu adanya. Segala kemuliaan dan kuasa adalah milik Tuhan Yesus yang memampukan kita melakukan mukjizat di dalam nama-Nya yang berkuasa."

Doa Yang Berkuasa  

"Mematuhi dan melakukan firman Tuhan adalah kondisi yang diperlukan diperlukan untuk doa yang efektif. Tuhan itu selalu setia, Ia siap sedia menjawab doa-doa Anda jika engkau tinggal di dalam perintah-perintahnya. Dosa adalah penghambat doa untuk dikabulkan oleh Tuhan. Jika ingin doa-doa Anda lebih efektif, berhentilah berdosa."

Sumber : Buku berjudul: “Pastor W.F. Kumuyi and Prophet T.B. Joshua: Are both messengers of God?”
Halaman :
1

Ikuti Kami