Benarkah Gereja Mutlak Dukung Fauzi-Prijanto?

Nasional / 7 August 2007

Kalangan Sendiri

Benarkah Gereja Mutlak Dukung Fauzi-Prijanto?

yosefel Official Writer
6351

Kalau tak ada aral-melintang, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta akan menggelar sebuah pesta demokrasi yang ber-nama Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) 2007 pada 8 Agustus nanti. Inilah kali pertama warga Jakarta akan memilih pemimpinnya secara langsung.

Begitu banyak perspektif dan harapan yang diberikan kepada kedua calon gubernur dan wakil gubernur oleh masyarakat Jakarta pada umumnya. Tentu saja juga banyak spekulasi yang dicetuskan tentang siapa yang mendukung siapa, atau sebaliknya.

Dan yang akan kita ketengahkan adalah spekulasi tentang dukungan gereja yang dikatakan hampir mutlak akan diberikan kepada pasangan Fauzi Bowo-Prijanto.

Di bawah ini ada beberapa korespondensi kami yang ditanyaii pada hari Minggu 5 Agustus 2007, di 5 gereja di tempat yang berbeda di Jakarta. Simak pendapat mereka :

Lubis (24) PDS mendukung pasangan Fauzi-Priyanto, saya sebagai aktivis PDS saya pasti pilih nomor 2.

Lukas (37) Kemungkinan besar memang saya pilih nomor 2, tapi masih ada kemungkinan saya akan pilih nomor 3 atau lebih tepatnya abstain. Karena sebenarnya saya lebih sreg sama figure Sarwono yang urung mencalonkan diri di bursa Pilkada tahun ini.

Jack (19) Saya pilih Pasangan Fauzi-Priyanto, karena mereka lebih moderat dan tidak condong kepada satu agama saja. Saya sebagai pemeluk aga Kristen yang tidak sama dengan partai yang mendukung bapak Adang, saya takut jika nanti akan dipersulit jika mereka yang menang.

Rudolf (24) Ya, seperti umat Kristen Jakarta lebih condong kepada pasangan Fauzi-Priyanto. Kan PKS jelas sebuah partai yang berbasis satu agama saja. Saya pasti pilih nomor 2.

Glenn (31) Saya rasa sepertinya umat Kristen lainnya, saya pasti pilih nomor dua. Alasan utamanya, supaya umat Kristen tidak selalu dipersulit perihal hak untuk ibadahnya. Dan tidak selalu menjadi korban anarkis kaum yang tidak bertanggung-jawab.

Wulan (20) Saya akan pilih bapak Fauzi Bowo sebagai Gubernur DKI, karena saya takut Jakarta tidak akan lagi demokratis jika Gubernurnya hanya didukung oleh satu partai yang sudah jelas sangat fanatik dan mengarah kepada diberlakukannya Syariat Islam di Indonesia.

Joe (28) Saya jelas pilih nomor 2, karena selain bapak Foke lebih mendukung pluralisme dan toleransi beragama. Saya juga setuju terhadap planning Jakarta sebagai Megapolitan yang diusungnya. Semoga jika Pak Fauzi memimpin Jakarta, ijin pendirian gereja akan lebih adil dan trasparant.

Robert (21) Saya pilih nomor 2, karena saya kurang simpatik sama segala tindakan kekerasan dan premanisme yang sering dilakukan para pendukung Adang-Dani. Saya juga pernah nyaris jadi aksi arogansi mereka baru-baru ini pada saat mereka konvoi berkampanye.

Ina (23) Pada "Perayaan Paskah Nasional 2007 dan Prosesi Doa Kerukunan Umat" bertema "Heal Our Nation" ini para tokoh agama Islam, Budha, Hindu, Kong Fu Chu, Kristen, dan Katolik berdoa bersama untuk keselamatan bangsa Indonesia dan secara khusus salah seorang pendeta memimpin doa agar dalam Pilkada nanti semoga Allah merestui H Fauzi Bowo untuk menjadi Gubernur Jakarta yang akan datang. Saya juga mendoakannya saat itu.

Bun (38) Saya alumnus Kanisius dan sudah tau pasti siapa bang Foke, karena beliau adalah ketua alumnus Kanisius, itu adalah bukti semangat demokrasi beliau dan bukti nyata dari komitmen beliau untuk menjaga pluralisme dalam konteks agama di Indonesia. Saya pasti coblos kumisnya...he...he...

Tentu saja kita tidak bisa begitu saja setuju dengan spekulasi yang mengatakan suara warga gereja di Jakarta diberikan mutlak kepada pasangan dengan nomor urut 2, karena mengingat jumlah koresponden yang kami tanyai hanya sedikit. Biarlah waktu yang akan menjawabnya bukan? Yang jelas bagi Anda warga Jakarta, kami menghimbau supaya Anda menunaikan hak pilih Anda, jangan pernah memilih untuk menjadi GolPut.

 

Sumber : reportase joel
Halaman :
1

Ikuti Kami