Hapuskan Stress Akibat Rutinitas

Psikologi / 6 August 2007

Kalangan Sendiri

Hapuskan Stress Akibat Rutinitas

Fifi Official Writer
8674
Anda selalu merasa uring-uringan akhir-akhir ini? Padahal kalau diingat tidak ada yang salah dalam hidup Anda. Tak ada masalah finansial yang berarti, hubungan dengan pasangan lancar-lancar saja,  siklus haid tepat pada waktunya. Tapi entah kenapa perasaan Anda tidak menentu dan semua yang dilakukan jadi salah. Tampaknya Anda merasa tidak puas pada kehidupan dan rutinitas yang Anda jalankan setiap hari....

 

Berikut tips untuk meminimalisasi kebosanan karena rutinitas dalam hidup Anda:

 

Menambah Teman Baru
Beranikan diri Anda untuk membuka percakapan dengan orang lain. Menurut David Silberkleit, penulis "A New Adventure Everyday", kebiasaan ini dapat memperluas jaringan relasi, sekaligus  membuka  kesempatan dan minat baru. Diperlukan usaha ekstra jika Anda bukan tipe orang yang extrovert, namun apabila Anda mulai merasa nyaman, berbagai kesempatan baru mulai terbentang di depan Anda!

 

Jadikan Lamunan Penyemangat
Masih ingatkah dengan khayalan terakhir Anda saat sedang menghadiri meeting panjang yang membosankan? Jangan dianggap sepele! Lamunan itu bisa jadi penyemangat Anda untuk melakukan sebuah variasi atau perubahan di antara rutinitas Anda..

 

Pandangan dari Pihak Luar
Salah satu cara membuat hidup lebih bermakna adalah meminta masukan dari orang lain. Seringkali orang-orang yang tidak terlalu mengenal Anda terlalu dalam justru paling tahu apa yang bisa membuat Anda bahagia. Mereka tidak punya motif terselubung, jujur dan obyektif. Namun ingat, Anda tidak harus mengikuti semua saran mereka. Pilih yang paling cocok dengan kata hati Anda.

 

Berhenti Menekan Rasa Iri
Rasa iri adalah salah satu bentuk emosi primitif yang ada dalam diri manusia. Memperhatikan apa yang Anda cemburui sebenarnya bisa menjadi motivasi positif untuk Anda.  Tantangan yang sebenarnya adalah mengenali secara spesifik apa yang orang lain miliki sehingga Anda merasa iri. Bila berhasil mengenali elemen paling dasar dari rasa iri Anda, entah itu cara kerja yang efektif, penampilan yang stylish atau prestasi yang tinggi, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai motivasi untuk segera melakukannya dan mencapai keberhasilan versi Anda sendiri.

Go and lighten up your days!

Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami