Cina Kreatif Kampanyekan AIDS

Nasional / 12 December 2005

Kalangan Sendiri

Cina Kreatif Kampanyekan AIDS

Puji Astuti Official Writer
5758
JAWABAN.com - BEIJING - Pengidap HIV/AIDS acapkali menerima perlakuan tidak adil. Salah satunya adalah dikucilkan lingkungan sekitarnya. Untuk mengatasinya, Cina berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai AIDS itu melalui pameran seni berlabel "Her Beauty" di tujuh universitas di Beijing serta enam universitas di Qingdao.

Pameran ini digelar menindaklanjuti berbagai kampanye tentang penyadaran atas bahaya AIDS dan cara-cara pencegahannya. Sebanyak 29 lukisan, yang seluruhnya hasil karya perempuan pengidap HIV/AIDS, dipertontonkan kepada publik. Puluhan goresan di kanvas itu semuanya berusaha menggambarkan kehidupan perempuan pengidap HIV/ AIDS.

"Meski mereka bukan pelukis profesional, tapi lukisannya berhasil menggambarkan perasaan sedih dan kesepian yang selalu mereka hadapi," terang Song Pengfei, 22, ketua pelaksana pameran yang juga positif mengidap HIV.

Menurut laporan PBB, baru-baru ini sekitar 190.000 wanita Cina berusia 15-49 tahun mengidap HIV/AIDS. Dari jumlah itu, terjadi peningkatan 60.000 penderita dalam tiga tahun terakhir. Hasil survei yang dirilis Kementerian Kesehatan, Jumat lalu, sebagaimana dilansir Xinhua menunjukkan, 58,9 responden rakyat Cina tidak sreg dan memilih menghindari pengidap HIV/AIDS.

Kebanyakan dari yang berpendapat demikian itu memiliki pemahaman rendah soal HIV/AIDS. "Stigma sosial, ketidakpedulian, dan takut ketularan jika berada dekat penderita HIV/AIDS membuat Cina sulit memberantas penyakit ini," ujar Joel Rehnstrom, Koordinator UNAIDS (Badan PBB yang mengurusi AIDS) di Cina.(joe) Sumber : afp/berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami