Cari Video Di Google

Internasional / 1 January 2005

Kalangan Sendiri

Cari Video Di Google

Puji Astuti Official Writer
7965

JAWABAN.com - Setelah meluncurkan layanan Photo Mail beberapa waktu lalu, Google Inc. Kembali berinovasi dengan meluncurkan sebuah layanan mesin pencari (search engine) yang dikhususkan untuk mencari dokumen film.

Memang model search engine milik Google ini terbilang unik, karena hasil pencarian semuanya akan menampilkan potongan adegan tertentu yang mendekati dengan kategori keyword yang dimasukkan pengguna lengkap dengan deskripsi singkat dan tentu saja link ke lokasi tertentu dimana dokumen video tadi disimpan.

Layanan yang baru diluncurkan akhir Juni ini memang sengaja diluncurkan oleh Google untuk mendongkrak pendapatan perusahaan, dan benar saja, profit yang didapat oleh Google melalui layanan baru ini meningkat tiga kali lipat hanya dalam sepuluh bulan.

Selain itu, untuk dapat menikmati layanan video online milik Google ini, pengguna diharuskan memiliki sebuah perangkat lunak terpisah yang disediakan Google dengan gratis dan dapat di ambil di http://video.google.com. Software sebesar 1 Megabyte ini nantinya akan membantu proses straming dari jaringan Google lewat program web browser Internet Explorer atau Firefox.

Menurut infromasi yang didapat dari Manajer Produk Senior Google Peter Chane, Google sendiri hingga saat ini belum membuat rencana untuk memperkenalkan video yang berbayar, namun Chane juga tidak merinci seberapa banyak video berlisensi gratis yang tersedia di dalam search engine Google.

Ada beberapa topik video yang sudah tersedia sejak peluncuran perdana layanan Google ini antara lain Breakdancing Moves, gardening tips, sarong tying, the 2003 fall of Baghdad dan video tentang tuntunan untuk memasang iklan di Google.

Yahoo sebagai raksasa portal yang juga menyediakan fitur search engine sebenarnya juga telah memiliki fitur pencarian dokumen video lewat fasilitas search enginenya, hanya saja proses streaming video dilakukan oleh software pihak ketiga antara lain Microsoft dan RealNetworks. bahkan beberapa video milik Yahoo diambil dari lisensi program milik jaringan televisi terkemuka seperti CBS dan MTV.
(joe)

Sumber : google/infokomputer
Halaman :
1

Ikuti Kami