Home CBN Updates Oktober 2024

Pemuridan Anak di Komunitas Orahili Nias, Solusi Mempersiapkan Anak Hadapi Perubahan Zaman

Holistic Disciple Making Ecosystem

Gereja BNKP Jemaat Orahili adalah sebuah komunitas yang terletak di Desa Orahili Fau, Kecamatan Fanayama, Nias Selatan, yang melayani sekitar 390 jemaat dewasa dan 80 anak sekolah minggu. Gereja ini memiliki kerinduan besar untuk memuridkan anak-anak secara reguler melalui sekolah minggu. 

Akhirnya di tahun 2019, gereja ini mulai bermitra dengan CBN melalui penggunaan kurikulum Sekolah Minggu Superbook. Sejak itu, transformasi terus terjadi atas setiap anak yang dilayani. Fokus pemuridan gereja terus diperluas pada anak usia 3-14 tahun melalui program PAUD Super5 dan Sanggar Belajar School of Life dari CBN. Komitmen gereja adalah untuk mempersiapkan setiap anak siap menghadapi perubahan zaman. 

Hingga di bulan September 2024, BNKP Jemaat Orahili bersama CBN telah melayani:  

  • 28 anak PAUD Super5 setiap 3 kali seminggu 
  • 65 anak Sanggar Belajar School of Life setiap 4 kali seminggu 
  • 80 lebih anak Sekolah Minggu Superbook 

PAUD Super5 BNKP Orahili Nias

CBN ikut mendukung pengembangan pemuridan di BNKP Jemaat Orahili melalui:

- Pengembangan dan pelatihan penggunaan kurikulum PAUD Super5, School of Life, Superbook dan The Parenting Project.

- Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan regular.

- Pelatihan regular bagi orangtua anak untuk menciptakan menciptakan keluarga sehat secara jasmani dan rohani

 

Dampak Pemuridan yang Holistik 

Sebelum pemuridan CBN hadir, anak-anak di komunitas Orahili kurang mendapat perhatian dan pengawasan. Kesibukan orangtua mencari nafkah memaksa anak mengisi hari-hari mereka dengan bermain gadget atau berkeliaran tanpa arah, menyebabkan minat belajar rendah. Sehingga persoalan seperti keterlambatan membaca, menulis dan berhitung masih dialami sebagian anak. 

Namun, keadaan ini berubah ketika gereja BNKP Jemaat Orahili menerapkan pemuridan holistik CBN, yang menolong anak-anak di komunitas ini menjadi lebih baik. “Anak-anak PAUD secara pengetahuan menjadi lebih baik ketika mereka naik ke Sekolah Dasar,” ungkap Kesadaran Nehe, salah satu guru di BNKP Jemaat Orahili. 

Sanggar Belajar School of Life juga telah menjadi tempat bagi anak bertumbuh. Melalui home visit dan bimbingan belajar, anak-anak menjadi lebih baik secara akademik, bahkan secara karakter menjadi lebih positif. Valensiskus (12 tahun), misalnya, adalah anak yang dulunya suka membully dan senang bermain, namun sejak aktif di School of Life, kini menjadi anak yang ramah terhadap teman-temannya. Bukan hanya itu, prestasi akademiknya di sekolah juga terus meningkat. 

School of Life BNKP Orahili Nias

Dukung Pemuridan di Komunitas Ini 

Ada ratusan anak di Komunitas Orahili yang menantikan kesempatan untuk meraih mimpinya. Namun, komunitas ini membutuhkan dukungan Anda untuk memenuhi kebutuhan ini: 

1. Penyediaan ruang belajar yang layak dan alat belajar untuk anak-anak PAUD. 

2. Pemberian sarapan bergizi bagi anak-anak PAUD setiap hari untuk meningkatkan kesehatan dan kemampuan belajarnya. 

3. Bantuan subsidi gaji dan sertifikasi bagi para tenaga pengajar. 

4. Dukung kegiatan reguler orangtua dan anak Sanggar Belajar setiap tiga bulan sekali. 

 

Mari bersama-sama kita bangkitkan generasi yang kuat, cerdas, dan hidup dalam kasih Kristus melalui misi pemuridan ini. Klik Donasi Sekarang dan jadilah bagian dari perubahan! 


Ikuti Kami