Home CBN Updates Agustus 2024

Kisah Perjuangan Ibu Christina: Merdeka Dari Jerat Hutang Pinjaman Online

Solusi

“Pinjol saya 63. Total itu 65 juta. Kalau ditotal semua jumlah utang saya 40 kali lipat dari income saya yang sebenarnya,” ungkap ibu Christina Ratnaningsih.   

Dari gaya hidup yang tidak terkontrol hingga terjebak dalam lingkaran hutang, begitulah Ibu Christina memulai kisahnya dengan pinjaman online (pinjol). Meskipun masih mengandalkan gaji sebagai kepala sekolah, desakan kebutuhan memaksa Ibu Christina untuk terus menggali lubang hutang lewat pinjol. 

Tawaran kartu kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan pinjaman online dengan prosedur instan yang sering muncul membuatnya tergoda. Pinjol menjadi pilihannya! Dengan hanya bermodal identitas dan KTP, prosedur pencairan uang pinjol terasa begitu mudah. 'Pokoknya KTP masuk, ada alamat kantornya, penghasilannya menurut pinjol tercukupi, satu dua jam uang masuk rekening.' 

Tanpa disadari, utang dari satu pinjol ke pinjol lainnya terus membengkak. Sementara jumlah gaji tak lagi mampu menutup cicilan. Akhirnya, pembayaran menunggak dan teror demi teror mulai menyerang. Tidak hanya panik, Ibu Christina terpuruk dalam depresi berat. 

Pikiran untuk bunuh diri terus merasukinya. Dalam pikirannya, satu-satunya cara mengakhiri hutang adalah kematian. 'Setiap malam godaan bunuh diri itu kuat sekali.' Hingga secercah harapan hadir membawa babak awal pemulihan; ia mendapat dukungan dari pemimpin rohani yang mendorongnya mengikuti mentoring keuangan. Pelan tapi pasti, dukungan ini membawa Ibu Christina merdeka dari jerat hutang pinjaman online. 

Pengalaman berharga yang ia dapatkan kini mendorong Ibu Christina untuk mendukung orang-orang yang menghadapi persoalan serupa dengannya. Satu pesan kuat yang kerap ia bagikan kepada setiap murid yang ia bimbing adalah, 'Stop hidup berhutang karena hutang tidak menyelesaikan masalah!' 

Kisah Ibu Christina Ratnaningsih adalah kisah perjuangan dari keterpurukan menuju jalan kebebasan untuk merdeka dari jerat pinjaman online. Kiranya ini menjadi inspirasi bagi banyak orang yang terjebak dalam situasi serupa bahwa merdeka dari jerat hutang bukanlah hal yang mustahil! 

Kisahnya telah kami tayangkan selengkapnya di Youtube Channel Solusi: 

 


Ikuti Kami