Orang Kota Lebih Rentan Terkena Skizofrenia Dibanding Orang Desa

Info Sehat / 9 September 2010

Kalangan Sendiri

Orang Kota Lebih Rentan Terkena Skizofrenia Dibanding Orang Desa

Budhi Marpaung Official Writer
8942

Tentu Anda pernah mendengar sebuah penyakit bernama skizofrenia bukan? Sebuah penelitian di Wales mengemukakan sebuah hal yang mencengangkan Anda.

Menurut hasil studi tersebut, warga yang tinggal di kota besar lebih rentan menjadi gila dibanding mereka yang di desa. Hubungan sosial yang buruk, beban kerja yang tinggi, dan tingkat kemacetan lalu lintas adalah alasannya.

"Ada variasi yang cukup besar dalam insiden skizofrenia di seluruh dunia. Berdasarkan pola geografis, orang yang tinggal di daerah perkotaan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi mengalami skizofrenia daripada orang pedesaan," ujar Stanley Zammit, peneliti dari Cardiff University di Wales, Kamis (9/9).

Sebelum mengeluarkan hasil ini, Zammit dan beberapa rekannya menganalisis data dari hampir 204.000 orang yang tinggal di kota besar di Swedia.

Setelah diteliti, mereka menemukan 328 orang (0,16 persen) pernah beberapa waktu dirawat di rumah sakit untuk pengobatan skizofrenia, 741 orang (0,36 persen) mengakui pernah mengalami gangguan psikosis non-afektif (tidak berhubungan dengan respons emosional), dan 355 orang (0,17 persen) dengan psikosis afektif (seperti gangguan suasana hati).

Dalam Archives of General Psychiatry edisi September 2010, Zammit mengatakan rendahnya hubungan sosial merupakan penyebab paling penting orang-orang yang dibesarkan di kota-kota besar mengalami peningkatan risiko psikosis.

"Temuan kami menyoroti bahwa tidak hanya diperlukan integrasi fisik saja, tetapi tradisi hubungan karakteristik yang positif, seperti rasa kepedulian, kebersamaan dan semangat sosial juga harus dipertahankan untuk meningkatkan kesehatan mental dari individu-individu dalam sebuah populasi," kata Zammit.

Sumber : Detik Health
Halaman :
1

Ikuti Kami