Setia Dalam Hal-hal Kecil
Kalangan Sendiri

Setia Dalam Hal-hal Kecil

Lori Official Writer
      182

Shalom saudara terkasih! Selamat menikmati akhir pekan Anda. Saya percaya hari ini adalah momen yang tepat untuk kita boleh beristirahat dengan tenang dan menikmati waktu bersama Tuhan.

 

Ayat Renungan: Lukas 16: 10“Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.”

 

Pertanyaan: Dalam hal apa saja Anda sudah setia dengan hal-hal kecil?

Pernahkah Anda mendengar kalimat “Hal-hal kecil dapat melahirkan hal-hal besar.” Makna kalimat ini diungkapkan di dalam Lukas 16: 10, “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar.” Kebenaran Firman ini mengajarkan kita bahwa apa yang kita lakukan dalam hidup ini akan menentukan apa yang kita hasilkan dalam hidup. 

Berkat yang kita terima dari Tuhan bisa menjadi hasil dari hal-hal kecil yang kita lakukan dengan setia. Karena itu Tuhan menguji integritas kita melalui hal-hal kecil. Jika kita tidak setia dengan hal-hal kecil, kita tidak mungkin dipercayakan untuk memperoleh hal-hal besar. Ujian terbesar yang biasanya Tuhan izinkan adalah melalui dua hal. 

Pertama, cara kita mengelola uang. Tuhan memberkati orang-orang yang mengelola uang dengan bijak dan murah hati. Untuk apa kita menghabiskan paling banyak uang? Bagaimana dengan kewajiban kita mengembalikan sebagian yang kita punya untuk Tuhan? Tuhan melihat apakah kita setia melakukan hal-hal kecil ini.

Amsal 11: 24-25“Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan. Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.”

Kedua, integritas kita di dalam mengerjakan tugas yang dipercayakan di dalam hidup kita. Hal kecil yang Anda lakukan dan bahkan tidak pernah diapresiasi orang lain adalah benih berkat dalam hidup Anda. Bagaimana Anda mengerjakannya dan untuk siapa Anda melakukannya menunjukkan integritas Anda di hadapan Tuhan.  

Kolose 3: 23“Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”

Jadi, pagi ini kita diingatkan untuk “setialah dalam hal-hal kecil”. Bersikaplah murah hati di dalam memberi, jangan biarkan rasa takut kekurangan menghalangi berkat Tuhan tercurah atas hidup Anda. Kemudian, lakukan setiap hal dalam hidup Anda dengan penuh integritas. Mari lewati ujian ini agar Tuhan bisa memakai kita untuk hal-hal yang lebih besar.

Tuhan Yesus memberkati.

Ikuti Kami