Apa Kata Alkitab tentang Kemerdekaan Bangsa?
Sumber: canva.com/Odua Images

Kata Alkitab / 14 August 2024

Kalangan Sendiri

Apa Kata Alkitab tentang Kemerdekaan Bangsa?

Claudia Jessica Official Writer
1758

Apa tema utama dari seluruh Alkitab? Beberapa hal yang mungkin terlintas lebih dulu di pikiran kita adalah kasih, kasih karunia, atau perubahan hidup.

Namun, ada satu tema penting yang ingin disampaikan oleh Alkitab, yaitu kemerdekaan dari perbudakan. Bahkan, bisa dikatakan bahwa kemerdekaan dari perbudakan adalah salah satu pesan utama dalam Alkitab.

Kemerdekaan Sebagai Tema Alkitab

Dalam Kitab Keluaran, bangsa Israel dibebaskan dari perbudakan di Mesir. Kebebasan luar biasa ini sudah dinubuatkan dalam Kitab Kejadian, kemudian diceritakan dalam seluruh Kitab Ibrani.

Dalam Injil Lukas, Yesus memulai pelayanannya dengan membaca dari kitab nabi Yesaya di sinagoge. Yesus mengatakan bahwa Dia diutus “untuk memberitakan pembebasan bagi para tawanan.”

Dalam surat-surat Paulus, khususnya dalam Kitab Roma, kebebasan atau kemerdekaan dari dosa dan kematian adalah pesan utama yang disampaikan.

Hari Kemerdekaan Indonesia

17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Indonesia, dimana kita merayakan hari ini untuk mengenang lahirnya negara kita setelah melalui berbagai tantangan dengan perjuangan yang luar biasa dan merayakan anugerah kemerdekaan yang sangat berharga.

Namun, perlu diingat bahwa kemerdekaan dalam Alkitab memiliki dimensi yang berbeda. Dalam Alkitab, kemerdekaan diberikan untuk tujuan spesial: untuk melayani Tuhan.

Kembali ke kitab Keluaran, Musa memimpin umat Israel ke padang gurun dengan tujuan agar mereka dapat menyembah TUHAN. Begitu pula Paulus mengingatkan bahwa kita merdeka dari dosa agar kita dapat hidup dalam Kristus.

Rasul Paulus bahkan mengatakan bahwa kita dimerdekakan agar bisa menjadi hamba Kristus. Ketika Alkitab berbicara tentang kemerdekaan, maksudnya adalah kita bebas untuk melayani Tuhan dan mengikuti kehendak-Nya.

Apa hubungannya semua ini dengan 17 Agustus? Ketika kita merayakan kemerdekaan, kita harus ingat bahwa kemerdekaan yang Tuhan berikan bukan untuk disalahgunakan.

Merdeka bukan berarti kita bisa melakukan untuk berbuat dosa lagi seperti yang dikatakan dalam Galatia 5:13, “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.”

Sebaliknya, merdeka memberi kita kesempatan untuk melayani orang lain dan bangsa kita. Kemerdekaan ada untuk tujuan yang mulia.

Sumber : buildfaith.org
Halaman :
1

Ikuti Kami