Anak Cerdas, Berinternet Sehat! Gini Cara Orang Tua Bimbing Anak Menggunakan Internet Aman
Sumber: canva.com

Parenting / 10 July 2024

Kalangan Sendiri

Anak Cerdas, Berinternet Sehat! Gini Cara Orang Tua Bimbing Anak Menggunakan Internet Aman

Claudia Jessica Official Writer
584

Mengajarkan anak untuk menggunakan internet aman adalah langkah penting untuk melindungi mereka dari berbagai risiko online. Inilah salah satu subtema yang diusung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dalam menyambut Hari Anak Nasional 2024.

Di tengah era digital ini, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memberikan edukasi yang tepat agar anak-anak dapat memanfaatkan teknologi dengan bijak dan tumbuh menjadi anak yang cerdas dengan berinternet sehat.

Berikut 8 tips yang bisa Anda lakukan untuk memastikan anak-anak Anda tumbuh cerdas dan berinternet sehat:

1. Edukasi Tentang Internet Aman

Memberikan pemahaman kepada anak tentang bahaya yang mungkin mereka temui di internet adalah langkah awal yang krusial. Ajarkan mereka mengenai cyberbullying, phishing, dan predator online. Selain itu, identifikasi informasi pribadi seperti alamat, nomor telepon, dan sekolah, serta jelaskan mengapa informasi tersebut tidak boleh dibagikan secara online untuk menjaga internet aman.

 

BACA JUGA: Subtema Hari Anak Nasional 2024: Enam Fokus Penting untuk Masa Depan Anak

 

2. Tetapkan Aturan Penggunaan untuk Internet Aman

Buat aturan yang jelas mengenai penggunaan internet. Tentukan batasan waktu layar harian untuk memastikan anak tidak terlalu lama terpapar layar. Selain itu, buat daftar situs dan aplikasi yang diizinkan, dan jelaskan alasan mengapa beberapa situs tidak boleh diakses demi menjaga internet aman.

3. Gunakan Kontrol Orang Tua untuk Internet Aman

Manfaatkan perangkat lunak kontrol orang tua untuk memfilter konten yang tidak pantas dan memblokir situs-situs berbahaya. Pantau aktivitas online anak secara berkala untuk memastikan mereka tidak terpapar konten yang tidak sesuai tanpa menginvasi privasi mereka, sehingga menjaga internet aman.

4. Praktik Keamanan Dasar untuk Internet Aman

Ajarkan anak untuk membuat password yang kuat dan tidak membagikannya dengan siapapun selain orang tua. Pastikan semua perangkat yang digunakan anak selalu diperbarui dengan perangkat lunak keamanan terbaru untuk melindungi dari ancaman siber, sehingga penggunaan internet aman.

5. Komunikasi Terbuka Tentang Internet Aman

Selalu ajak anak untuk berbicara tentang apa yang mereka lakukan dan alami di internet. Berikan dukungan dan biarkan anak tahu bahwa mereka bisa datang kepada Anda jika mereka melihat sesuatu yang membuat mereka merasa tidak nyaman atau bingung. Ini adalah kunci untuk menjaga internet aman.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami