Berkat Tuhan Menurut Alkitab, Sudahkah Anda Mengalaminya?
Sumber: Jawaban

Kata Alkitab / 10 July 2024

Kalangan Sendiri

Berkat Tuhan Menurut Alkitab, Sudahkah Anda Mengalaminya?

Puji Astuti Official Writer
460

Siapa yang tidak ingin hidupnya diberkati, namun kenyataannya, masih banyak dari kita yang mengalami kekurangan dan kesulitan finansial. Lalu apakah ini artinya janji Tuhan tentang berkat dan penyediaan yang tertulis di Alkitab tidak berlaku bagi kita atau ada hal yang menghalangi sehingga kita tidak mengalaminya?  

Janji Berkat Tuhan 

Namun tahukah Anda bahwa kunci untuk menerima berkat Tuhah itu ada di tangan kita? Ulangan 11:26-28 menyatakan, “Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk: berkat, apabila kamu mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal.” 

Ayat di atas dengan tegas memberikan pilihan kepada setiap orang, Anda mau menerima berkat atau kutuk. Jika mau menerima berkat, dengarkan dan taatilah perintah TUHAN, jangan menyimpang dari jalan-jalan yang sudah ditetapkan oleh-Nya. 

Apa saja berkat Tuhan itu?  

Berkat Tuhan adalah pemberian atau anugerah yang datang dari Tuhan sebagai manifestasi kasih-Nya kepada manusia. Berkat ini kita terima dalam berbagai bentuk, baik materi maupun non-materi, yang bertujuan untuk membawa kebaikan dan kesejahteraan bagi kita. 

1. Berkat Keselamatan.  

Ini adalah berkat terbesar bagi semua umat manusia, yaitu keselamatan melalui Yesus Kristus. Yohanes 3:16 menyatakan, "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." 

2. Berkat Rohani. 

Berkat ini mencakup hal-hal seperti damai sejahtera, sukacita, hikmat, pengertian, dan karunia-karunia rohani lainnya. Misalnya, dalam Efesus 1:3 disebutkan bahwa, "Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga." 

3. Berkat Hubungan. 

Berkat ini meliputi hubungan yang baik dengan orang lain, termasuk dengan keluarga kita, teman, dan komunitas kita. Hal ini seperti yang dinyatakan dalam Mazmur 133:1-3, “Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya. Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.” 

4. Berkat Materi.  

Berkat ini meliputi kebutuhan fisik seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kekayaan materi lainnya. Amsal 10:22 menyatakan, “Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.” Hal ini menekankan bahwa Tuhanlah sumber berkat yang kita terima.  

Berkat Tuhan dalam iman Kristen bukan hanya tentang memperoleh hal-hal baik, tetapi juga tentang menggunakan berkat tersebut untuk memuliakan Tuhan dan melayani sesama. Pengertian ini mengarah pada sikap syukur, kerendahan hati, dan tanggung jawab dalam menjalani hidup sebagai penerima berkat Tuhan. 

Jadi, pada dasarnya kita ini hanyalah sebuah wadah untuk menyalurkan berkat itu kepada orang lain dan untuk tujuan Tuhan, bukan untuk memuaskan keinginan kita sendiri. Sebab ketika kita fokus pada berkat materi dan menggunakannya untuk memuaskan keinginan sendiri, maka ia akan jatuh dalam pencobaan dan dosa.  

Yakobus 1:14-15, “Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.”  

Apakah Anda saat ini sedang mengalami masalah keuangan dan ingin mengalami berkat Tuhan secara utuh dalam kehidupan Anda? Jika Anda mau didoakan secara khusus tentang hal ini, mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami percaya Tuhan pasti dapat memulihkan kehidupan Anda.  

 

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

Harta Melimpah Tanda Berkat Tuhan? Ini Kata Alkitab

Berkat Atas Hubungan

Berkat di Dalam Kesatuan

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami