Subtema Hari Anak Nasional 2024: Enam Fokus Penting untuk Masa Depan Anak
Sumber: canva.com

News / 10 July 2024

Kalangan Sendiri

Subtema Hari Anak Nasional 2024: Enam Fokus Penting untuk Masa Depan Anak

Claudia Jessica Official Writer
435

Setiap tanggal 23 Juli, Indonesia merayakan Hari Anak Nasional (HAN). Pada tahun 2024, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menekankan enam poin penting dalam peringatan HAN ini.

Subtema Hari Anak Nasional 2024

Untuk HAN 2024, terdapat enam subtema utama:

  1. Suara Anak Membangun Bangsa
  2. Anak Cerdas Berinternet Sehat
  3. Pancasila di Hati Anak Indonesia
  4. Anak Pelopor dan Pelapor
  5. Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak, dan Stunting
  6. Digital Parenting

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA, Nahar, menyatakan bahwa tema utama HAN 2024 adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". Nahar menjelaskan bahwa hak-hak anak Indonesia harus dipenuhi dan mereka harus dilindungi dari berbagai masalah. Untuk mencapai hal tersebut, beberapa subtema perlu mendapat perhatian khusus.

Pentingnya Suara Anak dalam Subtema Hari Anak Nasional 2024

Nahar mengungkapkan bahwa pemerintah tahun ini berkomitmen untuk lebih banyak mendengar suara anak, mengingat sepertiga penduduk Indonesia adalah anak-anak. Salah satu subtema HAN 2024 yang diangkat adalah "Suara Anak Membangun Bangsa", yang menjadi inti dari peringatan Hari Anak.

 

BACA JUGA: Anak Cerdas, Berinternet Sehat! Gini Cara Orang Tua Bimbing Anak Menggunakan Internet Aman

 

"Pandangan dan suara anak harus didengar, dipahami, dan dipenuhi melalui berbagai upaya oleh orang tua, keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Ini adalah inti dari peringatan HAN," ujar Nahar.

Penyusunan Suara Anak Indonesia

Pemerintah akan terus memfasilitasi penyusunan Suara Anak Indonesia melalui Forum Anak. Proses ini dimulai dari tingkat desa di seluruh Indonesia. Perwakilan dari setiap provinsi akan berkumpul di Jakarta pada tanggal 15-17 Juli 2024 untuk mendiskusikan dan menyusun isu-isu serta aspirasi yang telah didiskusikan di daerah masing-masing.

"Hasil diskusi tersebut selanjutnya dirumuskan menjadi Suara Anak Indonesia yang menggambarkan apa yang diharapkan, dibutuhkan, dan kekhawatiran tentang kondisi anak-anak Indonesia saat ini. Kemudian akan disampaikan di acara puncak HAN di Jayapura bersama Presiden dan Ibu Negara," kata Nahar.

 

Sumber : RRI
Halaman :
1

Ikuti Kami