Kota Samaria, Mengapa Orang Yahudi Membencinya?
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 2 July 2024

Kalangan Sendiri

Kota Samaria, Mengapa Orang Yahudi Membencinya?

Puji Astuti Official Writer
422

Nama kota Samaria muncul beberapa kali dalam Alkitab, bahkan Yesus sendiri memberikan perumpaan tentang Orang Samaria yang Baik Hati dan menjumpai seorang wanita Samaria di sebuah sumur. Lalu dalam Amanat Agung yang diperintahkan oleh Yesus Kristus, nama ini muncul juga.  

Dimanakah Kota Samaria saat ini dan apakah tempat ini bermakna penting bagi orang Kristen? Mari kita pelajari bersama dalam Fakta Alkitab kali ini.  

Lokasi Kota Samaria Saat Ini 

Samaria saat ini berada di wilayah Tepi Barat, Palestina. Kota ini dikenal oleh orang-orang Palestina dalam dua nama Arab, yaitu Samirah atau as-Samira dan juga Gunung Nablus atau Jabal Nablus. Namun mereka juga menyebutnya sebagai Sebastia.  

Wilayah Samaria ini berbatasan dengan Galilea di utara dan Yudea di selatan. Daerahnya merupakan dataran tinggi, atau bukit sehingga orang Israel jaman dulu menyebut tempat ini dalam bahasa Ibrani Shomron. 

Kata Shomron berasal dari kata "Shemer," nama orang yang menjual bukit tersebut kepada Raja Omri, yang kemudian mendirikan kota itu di sana (1 Raja-raja 16:24). Secara harfiah, "Shomron" dapat diartikan sebagai "penjagaan" atau "menjaga," yang menunjukkan posisi strategis bukit tersebut yang ideal untuk tujuan pertahanan. 

Wilayah Suku Israel 

Wilayah Samaria berada di bagian utara Israel, yang secara geografis mencakup sebagian besar tanah milik suku Efraim dan Manasye. Posisi strategis Samaria membuatnya menjadi pusat administrasi dan komersial yang penting dalam Kerajaan Israel. 

Kota ini dibangun oleh Raja Omri sekitar tahun 880 SM dan menjadi ibu kota Kerajaan Israel Utara setelah kematian Raja Salomo dan Israel terpecah menjadi dua, yaitu Israel Utara dan Israel Selatan (Yehuda). Omri membeli bukit Samaria dari Semer dengan harga dua talenta perak dan membangun kota yang kuat dan megah di sana (1 Raja-raja 16:24). 

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami