Til Death Do Us Part, Salah Memahami Alkitab Berujung Lingkaran Setan KDRT
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 29 June 2024

Kalangan Sendiri

Til Death Do Us Part, Salah Memahami Alkitab Berujung Lingkaran Setan KDRT

Puji Astuti Official Writer
901

Salah memaknai ayat Alkitab bisa berakibat fatal, seperti kisah di film Til Death Do Us Part yang tayang di NetFlix. Karena pemahaman yang salah, Renata yang diperankan oleh Laura Basuki berujung lingkaran setan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). 

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Indonesia masih menjadi masalah serius. Menurut survei dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, jumlah kasus KDRT terus meningkat setiap tahunnya.  

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI-PPA), korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pada tahun 2023 adalah: 

Korban Wanita: 22.922 orang. 

Korban Pria: 5.430 orang. 

Dari data tersebut, jelas terlihat bahwa jumlah mayoritas korban KDRT di Indonesia adalah perempuan, yang menggambarkan tingginya prevalensi kekerasan terhadap perempuan dalam rumah tangga. 

Memaknai Wanita Tuhan Ciptakan Dari Tulang Rusuk Pria 

Dalam Alkitab, Kejadian 2:21-22 menjelaskan bahwa Tuhan menciptakan Hawa, wanita pertama, dari tulang rusuk Adam, pria pertama. Teks ini berbunyi: 

"Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuknya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu." 

Perempuan diciptakan dari tulang rusuk pria bukan berarti mereka statusnya lebih rendah di hadapan Tuhan atau bahkan mereka bisa diperlakukan sekehendak hatinya oleh pria. Karena maksud Tuhan adalah sesuatu yang baik dan indah, apa itu? 

Baca selanjutnya -->

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami