4 Hal Yang Dilakukan Christina untuk Melunasi Hutang Sebesar Rp650 Juta
Sumber: canva.com

Finance / 22 June 2024

Kalangan Sendiri

4 Hal Yang Dilakukan Christina untuk Melunasi Hutang Sebesar Rp650 Juta

Claudia Jessica Official Writer
503

Kesaksian Christina, seorang ibu rumah tangga yang berhasil melunasi hutang sebesar Rp650 juta, mungkin memotivasi Anda dan membuat Anda berpikir bahwa masih ada harapan untuk melunasi hutang.

Tentu! Bersama Yesus, tidak ada yang tidak mungkin utnuk diselesaikan, termasuk hutang Anda.

Untuk melunasi hutang, kita perlu berdoa dan berusaha melakukan bagian kita, seperti yang telah dilakukan oleh Christina.

Baca bisa membaca kesaksian Chistina di: Total Hutang Sampai Rp650 Juta, Puji Tuhan Saya Bisa Lunasi – Kesaksian Christina

Ada 4 hal yang Christina terapkan dalam prosesnya melunasi hutang pinjol yang mencapai ratusan juta tersebut:

1. Hindari Berhutang di Tempat yang Salah

Christina mengingatkan kita bahwa sesulit apapun kondisi keuangan kita, jangan pernah berhutang untuk gaya hidup, apalagi mengandalkan pinjaman online untuk membayar hutang-hutang yang lain.

Perilaku ini hanya akan menambah beban hutang dan memperburuk situasi.

2. Belajar Hidup Apa Adanya

Ketika sudah terlilit hutang, penting untuk menyesuaikan gaya hidup dengan penghasilan yang ada. Christina dan keluarganya belajar untuk hidup sederhana dan menekan pengeluaran seminimal mungkin agar bisa melunasi hutangnya.

3. Perbesar Pendapatan

Jika kebutuhan tidak bisa lagi ditekan, langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk memperbesar pendapatan. Dalam kesaksiannya, Christina mengajak seluruh keluarganya untuk berdiskusi bersama dan mencari solusi.

Ia juga menyatakan penting bagi pejuang yang melunasi hutang untuk tidak mengasihani diri sendiri karena hal tersebut hanya akan melemahkan iman dan membuat kita ragu akan kasih Tuhan.

Maka dari itu, tetaplah produktif dan berusaha untuk memperbesar pendapatan demi memenuhi kebutuhan hidup dan membayar hutang.

4. Jangan Merasa Bisa Sendiri

“Jangan sok jago sendirian. Dulu saya sok jago, sombong rohani, merasa bisa semuanya, ternyata saya terpuruk juga. Tapi Puji Tuhan, Tuhan proses saya, Tuhan hancurkan saya, jadi bejana yang baru,” ucap Christina.

Christina menekankan, komunikasi yang terbuka dengan pasangan, keluarga, dan mencari pertolongan dari mentor sangatlah penting dalam proses yang Anda lalui.

Melalui pengalaman ini, Christina mengajarkan kita bahwa dengan iman yang teguh, keterbukaan, dan kerja keras, tidak ada masalah yang terlalu besar untuk diatasi.

Tuhan selalu menyediakan jalan bagi mereka yang berserah dan berusaha. Semoga kesaksian Christina menjadi inspirasi bagi kita semua untuk tetap beriman dan berjuang dalam proses melunasi hutang.

Sumber : Christina
Halaman :
1

Ikuti Kami