Biar Makin Kompak, Suami Istri Kristen Lakukan 5 Hal Ini Saat Hadapi Masalah
Sumber: canva.com

Marriage / 14 June 2024

Kalangan Sendiri

Biar Makin Kompak, Suami Istri Kristen Lakukan 5 Hal Ini Saat Hadapi Masalah

Claudia Jessica Official Writer
903

Dalam perjalanan hidup pernikahan, tidak jarang suami istri menghadapi berbagai masalah yang menguji kekompakan dan kesetiaan.

Sebagai pasangan Kristen, penting bagi kita untuk mengandalkan Tuhan dalam setiap situasi dan menjaga harmoni serta kerjasama dalam rumah tangga.

Biar rumah tangga makin kompak, suami istri Kristen sebaiknya lakukan 5 hal ini saat menghadapi masalah:

1. Berdoa Bersama

Salah satu fondasi utama dalam rumah tangga Kristen adalah doa. Doa bersama tidak hanya mempererat hubungan antara suami istri tetapi juga membawa mereka lebih dekat kepada Tuhan.

Dalam Yakobus 5:16 dikatakan, "Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya."

Ketika menghadapi masalah, berdoa bersama memungkinkan pasangan untuk menyerahkan segala kekhawatiran dan beban kepada Tuhan, mencari petunjuk-Nya, dan merasakan damai sejahtera yang hanya datang dari-Nya.

2. Membaca Alkitab dan Merenungkannya

Firman Tuhan adalah sumber kekuatan dan hikmat bagi setiap orang percaya. Mazmur 119:105 mengatakan, "Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku."

Dalam menghadapi masalah, Firman Tuhan dapat memberikan bimbingan, penghiburan, dan solusi yang dibutuhkan. Selain itu, merenungkan Firman Tuhan bersama-sama dengan suami/istri dapat mempererat hubungan spiritual dan emosional dengan pasangan.

3. Komunikasi Terbuka dan Jujur

Komunikasi yang baik adalah kunci dalam setiap hubungan, terutama dalam pernikahan. Efesus 4:25 menekankan pentingnya berkata jujur satu sama lain, "Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota."

Ketika menghadapi masalah, suami istri harus berkomunikasi dengan terbuka dan jujur, menyampaikan perasaan dan pikiran mereka tanpa takut dihakimi. Dengan demikian, mereka dapat mencari solusi bersama dan menghindari kesalahpahaman yang bisa memperburuk situasi.

4. Mengampuni dan Saling Mendukung

Setiap manusia tidak luput dari kesalahan, dan dalam pernikahan, pengampunan adalah hal yang sangat penting. Kolose 3:13 mengingatkan kita, "Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian."

Suami istri harus belajar untuk mengampuni kesalahan masing-masing dan saling mendukung dalam setiap situasi. Dukungan emosional dan moral dari pasangan dapat memberikan kekuatan dan semangat untuk menghadapi setiap masalah.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami