Fajar Belajar untuk Bertanggung Jawab Berkat Bimbingan Sanggar Belajar
Sumber: Jawaban.com

Family / 31 May 2024

Kalangan Sendiri

Fajar Belajar untuk Bertanggung Jawab Berkat Bimbingan Sanggar Belajar

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
455

Fajar Maulana atau yang akrab disapa dengan Lana (5,5 tahun) adalah seorang siswa Taman Kanak-kanak kelas B. Saat ini ia tinggal bersama kakek dan neneknya, karena kedua orangtuanya yang pergi mencari nafkah di luar kota.  

Sejak kecil, Lana memang lebih nyaman tinggal bersama kakek dan neneknya. Ia anak yang periang, rajin belajar dan tidak banyak menuntut. Kakek dan neneknya sangat menyayangi Lana dan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuknya. Namun ada beberapa kesulitan yang harus mereka hadapi dalam mengasuh Lana. 

Setiap kali Lana selesai bermain dan belajar, ia tidak pernah membereskan kembali barang-barangnya. Beberapa kali sudah diingatkan untuk membereskan sendiri mainan dan peralatan tulisnya, Lana tidak mau mendengarkan. Selain itu Lana butuh orang dewasa yang bisa membantunya dalam belajar agar kemampuan belajarnya bisa berkembang lebih baik.  

BACA JUGA :  Dika, Anak yang Pemarah Mengalami Perubahan di School of Life

Dalam mengatasi permasalahan tersebut, Lana dimasukkan ke sanggar belajar anak School of Life Bethany Gudo Jombang. Di tempat ini Lana mendapatkan bimbingan dalam belajar membaca, menulis, dan berhitung, serta mendapatkan pelajaran bahasa Inggris, musik, memasak sederhana, membuat kerajinan, dan kegiatan belajar di luar ruangan. Selain itu, ada pelajaran karakter yang paling ditekankan kepada anak-anak.  

Salah satu momen perubahan karakter pada Lana adalah pada saat tutor mengajarkan materi ‘Pribadi Bertanggung Jawab” dari kurikulum School of Life. Anak-anak diajarkan bahwa meskipun mereka masih kecil, mereka harus belajar tanggung jawab dari hal-hal sederhana seperti membereskan mainan sendiri, belajar, mengerjakan tugas sekolah, dan menyiapkan peralatan sekolah. 

BACA JUGA :  Transformasi Denis Menjadi Anak yang Pemberani

Setelah mendapatkan pelajaran tentang tanggung jawab, perubahan positif mulai terlihat dalam diri Lana. Ia mulai membereskan peralatan sekolah dan mainannya sendiri tanpa diminta oleh kakek dan neneknya. 

Kemampuannya dalam membaca, menulis, dan berhitung semakin meningkat, seakan Lana sudah memiliki bekal yang sangat cukup untuk memasuki sekolah dasar.  

Pada akhir semester satu, Lana berhasil meraih peringkat ketiga di kelasnya. Prestasi ini tidak hanya membuat bangga keluarganya, tetapi juga menjadi bukti bahwa karakter seorang anak akan semakin mudah untuk ditempa jika diajarkan terus menerus. Kini, Lana siap untuk memasuki kelas 1 SD dengan penuh percaya diri dan semangat. 

Saat ini CBN sudah melayani 3.720 anak lewat Sanggar Belajar Anak School of Life (SoL) di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal yang memerlukan akses pendidikan bagi mereka. Ayo, ambil bagian dan jadilah berkat bagi mereka! 

DONASI SEKARANG! 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami