Menerapkan Gaya Hidup Sehat: Bagaimana Atasi Tiroid Dengan Cara Alami
Sumber: canva.com

Health / 17 May 2024

Kalangan Sendiri

Menerapkan Gaya Hidup Sehat: Bagaimana Atasi Tiroid Dengan Cara Alami

Jery Patampang Official Writer
709

Kesehatan tiroid memainkan peran penting dalam menjaga fungsi tubuh yang optimal. Tiroid, kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu di leher, bertanggung jawab untuk mengatur metabolisme, pertumbuhan jaringan, dan keseimbangan hormon.

Gangguan pada tiroid, seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme, dapat mengganggu keseimbangan ini. 

Mari kita bahas bagaimana cara menerapkan gaya hidup sehat untuk mengatasi tiroid secara alami. 

1. Mengatur Pola Makan

Pola makan yang sehat sangat penting bagi penderita masalah tiroid. Menurut ahli gizi Natalie Rizzo, RD, memilih makanan yang tepat dapat membantu mengendalikan gejala hipotiroidisme. 

Berikut beberapa panduan pola makan untuk kesehatan tiroid:

- Makanan yang Dianjurkan: Konsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, omega-3, dan serat. Makanan tinggi serat membantu penyerapan obat tiroid lebih efektif, sedangkan sayuran dan buah-buahan kaya antioksidan melawan stres oksidatif.

- Makanan yang Harus Dihindari: Batasi sayuran berbonggol seperti brokoli dan kubis yang mengandung goitrin, makanan tinggi garam, serta produk kedelai karena dapat mengganggu efektivitas obat tiroid.

2. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur berperan penting dalam mengatasi stres dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kelenjar tiroid. Olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, atau berenang selama 150 menit per minggu dapat membantu menjaga kesehatan tiroid. 

 

BACA JUGA: Ikut CBN Family Run Bersama Ratusan Keluarga se-Jabodetabek Yuk!

 

Sebelum memulai program olahraga, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

3. Hindari Merokok

Merokok dapat mengganggu produksi hormon tiroid dan menghambat penyerapan obat tiroid. Bahan kimia dalam rokok dapat memperburuk gejala tiroid dan menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya. Menghindari merokok adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan tiroid.

4. Kendalikan Stres

Stres yang berkepanjangan dapat memperlambat metabolisme tubuh dan memperburuk gejala tiroid. Teknik relaksasi seperti jalan-jalan, mendengarkan musik, dan melakukan hobi dapat membantu mengurangi stres. 

Mengatur stres yang baik membantu produksi hormon tiroid tetap lancar dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Konsumsi Nutrisi Penting

Nutrisi seperti yodium dan selenium sangat penting untuk fungsi tiroid. Yodium membantu produksi hormon tiroid, sedangkan selenium melindungi kelenjar tiroid dari stres oksidatif dan membantu konversi hormon T4 menjadi T3. 

Makanan kaya yodium termasuk makanan laut seperti ikan dan rumput laut, sementara selenium dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, daging, dan biji-bijian.

6. Herbal dan Suplemen

Beberapa herbal dan suplemen dapat mendukung kesehatan tiroid:

- Ashwagandha: Mengurangi stres dan membantu mengelola gejala tiroid.

- Kunyit: Memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan tiroid.

- Minyak kelapa dan cuka sari apel: Dapat membantu mengatur hormon dan meningkatkan metabolisme.

Menerapkan gaya hidup sehat dapat membantu mengatasi masalah tiroid secara alami dan melengkapi perawatan medis. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan pada diet atau gaya hidup Anda.

 

Dengan komitmen pada pola makan sehat, olahraga, manajemen stres, dan konsumsi nutrisi yang tepat, Anda dapat mendukung kesehatan tiroid dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami