Mengungkap Sejarah Nama Israel dan Maknanya Menurut Alkitab
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 26 April 2024

Kalangan Sendiri

Mengungkap Sejarah Nama Israel dan Maknanya Menurut Alkitab

Puji Astuti Official Writer
1616

Memaknai kata Israel  

Jika kita melihat kisah hidup Yakub, maka kita akan melihat bahwa sejak dalam kandungan ia sudah menghadapi pergumulan atau pergulatan. Keluar dari kandungan ia memegang tumit kakaknya Esau, ia berjuang dengan cara menipu untuk merebut hak kesulungan, dan saat ia melarikan diri ke tempat pamannya Laban, ia berjuang untuk mendapatkan istri yang ia inginkan.  

Perjumpaannya dengan Tuhan menjadi titik balik Yakub, ia mendapatkan nama baru : Israel. Sebuah identitas dan tujuan hidup yang baru dengan melihat jauh ke depan kepada janji Tuhan.  

Bukankah hal ini serupa dengan kita?  

Sebelum mengenal dengan Tuhan kehidupan kita bergumul dengan dosa dan dalam keputusasaan. Namun perjumpaan dengan Tuhan Yesus Kristus menjadi titik balik kita, kita dilahirkan kembali dan diberi identitas yang baru. Dalam Yohanes 1:12 menyatakan, “Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;” 

Bahkan melalui penebusan Yesus Kristus itu, kita juga berhak mewarisi janji Allah kepada Abraham seperti dinyatakan dalam Galatia 3:29, “Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.”  

Mari kita mengucapsyukur kepada Tuhan, karena kita yang adalah “pohon zaitun liar” telah dicangkokan kepada pohon zaitun sejati (Roma 11:24). Itu sebabnya kita menyebut diri kita Israel rohani melalui penebusan Yesus Kristus.  

Untuk itu kita sebagai umat percaya memiliki tugas penting, yaitu menghargai penebusan Kristus dengan mengemban Amanat Agung untuk memberitakan Injil.  

Selain itu kita juga harus berdoa untuk bangsa pilihan Tuhan, Israel untuk mengalami perjumpaan dengan Tuhan dan mengenal Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, Mesias yang selama ini mereka nanti-nantikan. Mari kita berdoa perdamaian untuk Israel, berkat dan damai sejahtera atas Yerusalem.  

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang Yesus Kristus dan keselamatan di dalam Dia? Mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI, kami dengan senang hati menolong Anda mengenal Yesus Kristus Sang Juru Selamat lebih lagi. 

Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami