Mengungkap Sejarah Nama Israel dan Maknanya Menurut Alkitab
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 26 April 2024

Kalangan Sendiri

Mengungkap Sejarah Nama Israel dan Maknanya Menurut Alkitab

Puji Astuti Official Writer
1615

Ternyata pernyataan di Kejadian 32 ini seperti sebuah pernyataan awal dari Tuhan tentang Yakub dan keturunannya. Karena di Kejadian 35:9-15, Tuhan menampakkan diri kepada Yakub dan melakukan perjanjian yang sama seperti dengan Abraham.  

Firman Allah kepadanya: "Namamu Yakub; dari sekarang namamu bukan lagi Yakub, melainkan Israel, itulah yang akan menjadi namamu." Maka Allah menamai dia Israel. 

Lagi firman Allah kepadanya: "Akulah Allah Yang Mahakuasa. Beranakcuculah dan bertambah banyak; satu bangsa, bahkan sekumpulan bangsa-bangsa, akan terjadi dari padamu dan raja-raja akan berasal dari padamu. 

Dan negeri ini yang telah Kuberikan kepada Abraham dan kepada Ishak, akan Kuberikan kepadamu dan juga kepada keturunanmu." (Kejadian 35:10-12) 

Perjanjian antara Allah dan Yakub yang ditandai dengan perubahan namanya dari Yakub menjadi Israel ini bukan hanya memberikan identitas baru kepada Yakub, namun juga sebuah tujuan dan misi dengan melihat kepada janji Tuhan, bahwa melalui keturunan Yakub akan muncul satu bangsa yaitu Israel dan bahkan sekumpulan bangsa-bangsa. Bahkan akan muncul raja-raja dari garis keturunan Yakub, dan itu telah digenapi dari generasi ke generasi sejak perjalanan bangsa Israel memasuki Tanah Perjanjian.  

Arti nama Israel di Alkitab 

Nama baru yang diberikan oleh Tuhan kepada Yakub mengacu kepada kata “Yisra’el” (Israel). Sehingga seperti yang dinyatakan dalam Kejadian 32:28 arti kata Israel adalah , “telah bergumul melawan Allah.”   

Anak-anak Israel disebut dengan bene yisra’el (Bani Israel) dan ketika bicara tentang umat pilihan Tuhan disebut sebagai beit yisra’el atau rumah Tuhan. 

Dalam terjemahan King James Version, nama Israel memiliki arti yang sedikit dengan “telah bergumul dengan Allah” sebagai “seperti pangeran yang bergumul bersama Allah,” (as prince hast thou power with God). Sebab itu ada juga yang mengartikan kata Israel sebagai : pangeran Allah atau pejuangan Allah.  

Lalu bagaimana cara kita memaknai nama Israel sebagai orang Kristen? Baca selanjutnya

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami