Anda Adalah Ciptaan Baru, Yang Lama Sudah Berlalu
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 11 April 2024

Kalangan Sendiri

Anda Adalah Ciptaan Baru, Yang Lama Sudah Berlalu

Puji Astuti Official Writer
1272

1. Identitas baru sebagai anak Allah 

Penting bagi kita untuk mengingat identitas kita ketika kita sudah ditebus oleh Yesus Kristus. Kita bukan lagi orang berdosa, tapi telah menjadi anak-anak Allah. 

Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; (Yohanes 1:12) 

2. Hubungan dengan Allah dipulihkan 

Karena dosa kita menjadi seteru atau musuh Allah, namun oleh penebusan Yesus Kristus maka kita telah diperdamaikan dengan Allah.  

Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya! Dan bukan hanya itu saja! Kita malah bermegah dalam Allah oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, sebab oleh Dia kita telah menerima pendamaian itu. (Roma 5:10-11) 

3. Mendapatkan kuasa 

Saat kita menjadi ciptaan baru, kita bukan hanya merdeka dari dosa namun Allah juga memperlengkapi kita dengan kuasa-Nya untuk kita dapat menjadi alat yang efektif bagi kerajaan Sorga.  

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kisah Para Rasul 1:8) 

4. Memiliki tujuan yang baru di dalam Kristus 

Karena hidup kita telah ditebus oleh Yesus Kristus, maka kita harus hidup bagi Dia. Tuhan Yesus Kristus telah menentukan tujuan hidup yang baru untuk kita, sehingga kita tidak lagi menjadi alat bagi kuasa gelap namun menjadi alat bagi kemuliaan Allah.  

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. (Efesus 2:8-10) 

Perlu kita sadari bahwa diri kita di dalam Yesus Kristus adalah ciptaan baru. Diri kita bukan hanya  pribadi yang diperbaiki menjadi lebih baik, tidak, kita adalah sebuah ciptaan baru yang sangat berbeda dengan manusia lama kita. Perlu kita sadari bahwa manusia lama itu sudah mati dan dikuburkan bersama-sama dengan Yesus Kristus. Anda dan saya setelah penebusan, adalah ciptaan baru. Mari kita hidup dengan pengertian ini, dan jalanilah kehidupan dalam kemaksimalan sehingga kehendak Allah dalam hidup kita digenapi. 

Apakah Anda memiliki pertanyaan seputar menjadi manusia baru dan kehidupan Kristen? Mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI, kami dengan senang hati berdiskusi dengan Anda.   

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami