Menjadi Saksi Yesus Kristus, Apakah Sulit?
Sumber: Canva

Kata Alkitab / 7 March 2024

Kalangan Sendiri

Menjadi Saksi Yesus Kristus, Apakah Sulit?

Puji Astuti Official Writer
1239

Bagi orang Kristen, kita tahu bahwa menjadi saksi Yesus Kristus adalah sebuah perintah atau Amanat Agung yang harus kita lakukan. Namun tidak sedikit yang merasa bahwa menjadi saksi adalah sesuatu yang sulit dan menantang. Namun apakah benar demikian?  

Apa itu menjadi saksi Yesus Kristus?  

Di dalam Alkitab arti menjadi saksi artinya dia melihat atau menjadi saksi mata atau mengalami sebuah peristiwa penting. Sedangkan bersaksi artinya dia menceritakan apa yang dia lihat atau alami.  

Jadi menjadi saksi Yesus Kristus secara sederhana adalah kita menceritakan pengalaman atau peristiwa dimana kita mengalami kasih dan kebaikan Tuhan Yesus kepada orang lain. 

Ada beberapa contoh sederhana tentang menjadi saksi Yesus Kristus ini di dalam Alkitab, salah satunya adalah Orang Gila di Gerasa yang dilepaskan dari Setan Legion yang jumlahnya ribuan. Orang itu setelah dibebaskan dan disembuhkan oleh Tuhan Yesus Kristus ingin mengikuti-Nya, namun Yesus memintanya untuk pulang ke rumah.  

Markus 5:19 –20 : Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: "Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!" 

Orang itupun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran. 

Orang yang sebelumnya gila itu di utus Yesus untuk menjadi saksi kepada keluarganya, dan orang-orang sekampungnya. Yang ia ceritakan hal sederhana, “segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau.” 

Contoh kedua adalah wanita Samaria yang bertemu dengan Yesus di sumur. Perempuan tersebut tidak mengalami mujisat secara jasmani, namun ia mengalami mujisat secara rohani dimana ia akhirnya menemukan kelegaan dan kehidupan kekal karena telah bertemu dengan Sang Mesias (Yohanes 4:4-42).   

Yang menarik adalah perempuan Samaria yang sebelumnya malu karena kehidupannya yang penuh dosa sehingga ia mencari waktu yang sepi untuk ke sumur, hari itu ia datang ke tengah-tengah kota dan berkata kepada orang-orang disana, Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat. Mungkinkah Dia Kristus itu?” 

Ia tidak lagi malu akan dosanya, karena wanita Samaria itu sudah mengalami pembebasan. Ia telah mengalami keselamatan sehingga ia berani bersaksi kepada banyak orang bahwa dia berjumpa dengan Sang Mesias yang memberinya air kehidupan.  

Dampaknya? Ayat 39 menyatakan : Dan banyak orang Samaria dari kota itu telah menjadi percaya kepada-Nya karena perkataan perempuan itu, yang bersaksi: "Ia mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat." 

Bahkan setelah itu, dampaknya berlipat ganda seperti yang dinyatakan di ayat 41-42: Dan lebih banyak lagi orang yang menjadi percaya karena perkataan-Nya, dan mereka berkata kepada perempuan itu: "Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kaukatakan, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia." 

Ada sebuah proses, seseorang mengalami perjumpaan dengan Tuhan, dia kemudian bersaksi kepada orang lain tentang kebaikan Tuhan itu, kemudian orang itu datang kepada Tuhan dan mengalami kuasa dan kasih Tuhan, dan hal tersebut berlanjut hingga banyak orang mendengar dan mengalami tentang kuasa dan kasih Tuhan Yesus Kristus.  

Anda Bisa Menjadi Saksi Yesus Kristus

Sangat sederhana bukan? Saya percaya Anda pasti telah mengalami perjumpaan dengan Tuhan dan juga mengalami berbagai kebaikan Tuhan. Jadi, Anda pun bisa menjadi saksi bagi Yesus.  

Lakukanlah dengan langkah sederhana, ceritakan kepada orang terdekat Anda. Kepada keluarga Anda, teman-teman, tetangga, dan rekan kerja Anda. Tugas kita adalah menceritakan kebaikan Tuhan, bagian Roh Kudus adalah menjamah orang tersebut sehingga dia percaya dan mengalami kuasa dan kasih Tuhan.  

Jika Anda ingin menjadi saksi Yesus melalui kisah kehidupan Anda untuk lebih banyak orang lagi, Anda bisa menceritakan kesaksian Anda melalui program SOLUSI yang ditonton ribuan orang setiap harinya. Jika Anda mau, mari hubungi kami melalui Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami tunggu kesaksian dari Anda ya.  

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami