CBN Indonesia dan PGI Bersatu di Mentawai untuk Membangun Gereja dan Pemulihan Keluarga
Sumber: Jawaban.com

Berita CBN / 1 February 2024

Kalangan Sendiri

CBN Indonesia dan PGI Bersatu di Mentawai untuk Membangun Gereja dan Pemulihan Keluarga

Aprita L Ekanaru Official Writer
397

Tanggal 23 Januari hingga 31 Januari 2024, Mentawai menjadi saksi pertemuan besar antara CBN Indonesia dan PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia). Kegiatan ini tak hanya membahas rencana pengembangan pelayanan di Gereja Lokal, tetapi juga memberi dukungan khusus kepada Sinode GKPM (Gereja Kristen Protestan Mentawai) yang berada di kepulauan tersebut.

Dalam pertemuan ini, 96 Sinode hadir untuk membahas peraturan baru demi meningkatkan pelayanan gereja di tengah masyarakat Mentawai. Meskipun mayoritas penduduknya Kristen, Mentawai masih tertinggal dari aspek pendidikan dan sosial. PGI berharap dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan, terutama kepada Sinode GKPM, untuk membantu masyarakat Kristen yang masih menghadapi berbagai masalah, termasuk kesenjangan sosial.

CBN hadir sebagai mitra dalam misi ini dengan membawa Program The Parenting Project. The Parenting Project diharapkan menjadi solusi untuk masalah keluarga di Mentawai, bukan hanya karena kondisi keuangan yang sulit, tetapi juga dampak teknologi informasi yang semakin canggih telah menggerus nilai-nilai moral di dalam sebuah keluarga.

Dalam diskusi kelompok, terungkap bahwa masalah parenting menjadi fokus utama. Hal ini menunjukkan perlunya pendekatan yang tepat untuk memulihkan dan memperkuat keluarga di Mentawai.

Sejauh ini, 25 Sinode gereja telah bersedia bergabung dengan The Parenting Project. Dengan jumlah gereja lokal yang mencapai ribuan di bawah setiap Sinode, program ini diharapkan akan memberikan dampak besar bagi masyarakat Kristen di kepulauan tersebut.

Fasilitas seperti TV Smart dan SDM menjadi kebutuhan mendesak yang dihadapi Mentawai dalam menjalankan Program The Parenting Project. Kerjasama dengan pemerintah setempat diharapkan dapat membantu menyediakan perangkat-perangkat tersebut.

Rangkaian acara ini melibatkan pimpinan PGI, pimpinan gereja, mitra kerjasama PGI seperti LAI, YASKI, dan undangan dari Kementerian Urusan Agama Kristen. Tokoh masyarakat, tokoh adat, serta pemerintah setempat juga turut berpartisipasi dalam acara ini.

Meskipun perjalanan ke Mentawai melelahkan, animo dan semangat gereja-gereja yang hadir begitu luar biasa. Kehadiran 25 Sinode dalam pertemuan ini menunjukkan rasa kepedulian dan kebersamaan untuk membantu sesama yang sedang mengalami kesulitan.

Dengan isu keluarga sebagai fokus utama, kehadiran CBN Indonesia dengan program pemuridan The Parenting Project menjadi solusi yang diharapkan. Banyak Sinode yang siap menjalin kerjasama dengan CBN Indonesia untuk mengatasi masalah yang dihadapi keluarga Kristen di Mentawai. Inilah saatnya Gereja bersatu untuk menjadi berkat bagi komunitas di mana mereka berada.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami