9 Pengeluaran Penting yang Perlu Direncanakan di Awal Tahun
Sumber: Canva.com

Finance / 16 January 2024

Kalangan Sendiri

9 Pengeluaran Penting yang Perlu Direncanakan di Awal Tahun

Aprita L Ekanaru Official Writer
836

Awal tahun merupakan momen yang tepat untuk merencanakan keuangan. Salah satu hal yang penting untuk direncanakan adalah pengeluaran-pengeluaran yang akan datang. Dengan merencanakan pengeluaran, kita dapat memastikan bahwa kita memiliki cukup dana untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita.

 

BACA JUGA: Belajar Kelola Keuangan dari 4 Tokoh Di Alkitab

 

Berikut ini adalah 9 pengeluaran penting yang perlu direncanakan di awal tahun:

1. Bayar pajak kendaraan

Pajak kendaraan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. Besarnya pajak kendaraan bermotor ditentukan berdasarkan jenis kendaraan, kapasitas mesin, dan lama kepemilikan. Pajak kendaraan biasanya dibayarkan setiap tahun sekali. 

2. Bayar premi asuransi

Asuransi merupakan salah satu instrumen penting untuk melindungi diri dari risiko-risiko yang tidak terduga. Ada berbagai jenis asuransi yang tersedia, seperti asuransi kesehatan, asuransi 

3. Bayar PBB

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan pajak yang dikenakan atas kepemilikan tanah dan bangunan. Besarnya PBB ditentukan berdasarkan luas tanah dan bangunan, lokasi, dan nilai jual objek pajak (NJOP). PBB biasanya dibayarkan setiap tahun sekali. 

4. Bayaran iuran keanggotaan

Jika Anda memiliki keanggotaan di suatu tempat, seperti gym, club, atau daycare, maka Anda perlu membayar iuran keanggotaan secara rutin. Besarnya iuran keanggotaan biasanya ditentukan berdasarkan jenis keanggotaan, lama keanggotaan, dan fasilitas yang ditawarkan. 

5. Bayar uang tahunan sekolah anak

Biaya pendidikan merupakan salah satu pengeluaran terbesar bagi keluarga. Biaya sekolah biasanya dibayarkan setiap tahun sekali, atau dua kali setahun. Besarnya biaya sekolah ditentukan berdasarkan jenis sekolah, jenjang pendidikan, dan fasilitas yang ditawarkan. 

6. Biaya mudik

Jika Anda memiliki rencana untuk mudik lebaran, maka Anda perlu mempersiapkan biaya mudik. Biaya mudik biasanya meliputi biaya transportasi, biaya makan, dan biaya penginapan. 

7. Dana liburan

Jika Anda memiliki rencana untuk berlibur, maka Anda perlu menyiapkan dana liburan. Dana liburan biasanya meliputi biaya transportasi, biaya akomodasi, biaya makan, dan biaya aktivitas wisata. 

8. Biaya perawatan rumah dan kendaraan

Biaya perawatan rumah dan kendaraan merupakan pengeluaran yang harus dikeluarkan secara rutin. Biaya perawatan rumah biasanya meliputi biaya listrik, air, gas, dan biaya kebersihan. Biaya perawatan kendaraan biasanya meliputi biaya servis, penggantian oli, dan penggantian ban. 

9. Bayar sewa tahunan rumah

Jika Anda tinggal di rumah kontrakan, maka Anda perlu membayar sewa tahunan rumah. Besarnya sewa tahunan rumah ditentukan berdasarkan lokasi rumah, luas rumah, dan fasilitas yang ditawarkan. 

 

BACA JUGA: Boncos Setelah Libur Tahun Baru? Lakukan 5 Tips Sederhana Ini

 

Untuk merencanakan pengeluaran-pengeluaran tersebut, Anda dapat membuat anggaran keuangan. Anggaran keuangan akan membantu Anda untuk memperkirakan jumlah uang yang akan Anda keluarkan setiap bulannya. Dengan membuat anggaran, Anda dapat memastikan bahwa pengeluaran Anda tidak melebihi pendapatan Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami