Karena 4 Alasan Inilah, Orang Kristen Harus Memberi Lebih Banyak di Momen Natal
Sumber: canva.com

Finance / 23 December 2023

Kalangan Sendiri

Karena 4 Alasan Inilah, Orang Kristen Harus Memberi Lebih Banyak di Momen Natal

Claudia Jessica Official Writer
1152

Momen Natal selalu menjadi momen spesial bagi umat Kristen. Di bulan kelahiran Yesus Kristus ini, banyak orang memutuskan untuk memberi lebih banyak. Sama seperti Yesus yang mempersembahkan diri-Nya untuk lahir ke dunia demi menyelamatkan manusia, inilah momen penting bagi orang Kristen untuk memberi lebih banyak.

Di momen spesial Natal ini, marilah kita merenungkan apa yang telah Tuhan ajarkan tentang memberi. Berikut adalah 4 alasan mengapa orang Kristen memberi lebih banyak di momen Natal:

1. Tuhan memulai segala sesuatu dengan memberikan diri-Nya sendiri

Dari peristiwa penciptaan, kita bisa melihat jejak-jejak pemberian Roh Allah. Allah tidak hanya menciptakan dunia, tetapi Dia memberikan diri-Nya dalam cinta dan kasih. (Kejadian 1 dan 2)

Melihat bahwa Adam merasa kesepian, Tuhan memberikan Hawa sebagai pendampingnya.  

 

 

BACA JUGA: Sedang Terlilit Hutang, Apakah Harus Memberi Persembahan?

 

Lewat penciptaan ini, Tuhan melihat ciptaan-Nya memberi lagi. Dari peristiwa ini, kita bisa melihat bahwa segala sesuatu yang baik di dunia ini dimulai dari memberi.

2. Yesus sebagai Anugerah Besar

Sayangnya, setelah penciptaan, manusia tersesat dan mengacaukan semuanya. Hal ini membuat manusia tidak lagi sejalan dengan Tuhan dan tidak selaras dengan maksud penciptaan-Nya. (Kejadian 3)

Maka dari itu, Bapa memutuskan untuk memberikan anugerah terbesar kepada umat Manusia dengan memberikan Anak-Nya, Yesus Kristus.

Kelahiran Yesus Kristus inilah yang kita rayakan dan disebut sebagai Natal, dimana Tuhan menjadi (Lukas 1-2) manusia yang membawa keselamatan kekal (Yohanes 3:16).

 

BACA JUGA: 4 Alasan Alkitabiah Kenapa Kita Seharusnya Tidak Pelit

 

3. Tuhan memberkati melalui hal-hal biasa

Melalui Yesus, Tuhan menunjukkan bahwa dari hal-hal yang tampak biasa, Dia dapat melakukan hal yang luar biasa. Melalui keluarga sederhana dan kelahiran Yesus dalam kondisi sederhana, kita bisa memahami bahwa keajaiban seringkali datang melalui cara yang tidak terduga.

Seperti saat Tuhan memberi makan orang Israel di padang gurun dan seringkali menggunakan orang lain untuk memenuhi kebutuhan-Nya.

Itulah sebabnya Paulus memohon kepada jemaat di Korintus agar menghormati tanggung jawab mereka dalam memberikan dukungan kepada gereja yang miskin di Yerusalem, seperti yang tercatat dalam 2 Korintus 9:1-15.

Paulus menyadari bahwa Tuhan juga sering menggunakan orang-orang biasa untuk menyelesaikan tugas-Nya. Dalam situasi-situasi sulit seperti ketika Paulus berada dalam penjara, dia pun mengakui ketergantungannya pada dukungan dari sesama, seperti yang dijelaskan dalam suratnya kepada Filemon (Filemon 1) dan Filipi (Filipi 5:25).

 

BACA JUGA: Jawaban Dari Masalah Hidup Anda, Dimulai dari Melakukan Hal Sederhana Ini

 

4. Kita diubah dengan memberi

Memberi bukan hanya tentang memberikan materi, tetapi juga tentang memberikan bagian dari diri kita. Saat membantu orang lain, kita juga mengalami transformasi. Ketika kita memberi dengan hati tulus, kita bukan hanya menjadi berkat bagi orang lain, tetapi juga menjadi lebih kaya secara rohaniah (2 Korintus 9:11).

Dalam 2 Korintus 9: 6-8, Paulus menjelaskan bahwa kemurahan hati memberikan kesempatan bagi kita untuk menghormati Tuhan atas apa yang telah Ia berikan.

“Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.”

Sebagai orang Kristen, kita diharapkan untuk mengelola sumber daya yang diberikan kepada kita. Dengan memberi, kita mencerminkan ajaran Kristus tentang cinta, pengorbanan, dan kasih kepada sesama.

Mari kita rayakan Natal dengan memberi, bukan hanya sebagai tindakan simbolis, tetapi sebagai manifestasi nyata dari nilai-nilai Injil dalam hidup sehari-hari. Anda juga bisa memberi untuk mendukung pelayanan CBN dalam memberikan Injil ke seluruh negeri bersama jawaban.com. Jadilah mitra CBN dan jadilah bagian dari pelayanan ini. Klik tombol donasi sekarang.

DONASI

 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami