Fakta Alkitab : Hukuman Mati bagi Perselingkuhan
Sumber: Youtube Channel Jawaban

Fakta Alkitab / 15 August 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab : Hukuman Mati bagi Perselingkuhan

Bella Tiurma Official Writer
1712

Semakin banyaknya kasus perselingkuhan saat ini yang menjadi viral, baik kalangan selebriti, orang yang berpengaruh, hingga orang biasa. Bahkan menurut sebuah survey menyatakan bahwa sebesar 40% orang di Indonesia mengaku pernah selingkuh, setidaknya sekali. 

Hal ini menjadikan Indonesia menempati posisi kedua negara paling sering selingkuh di Asia. Dengan demikian, perselingkuhan sudah menjadi hal yang tidak lagi tabu, hanya perasaan malu yang dirasakan karena terungkapnya kasus perselingkuhannya. 

Lalu bagaimana pandangan Alkitab tentang perselingkuhan? Yuk cek fakta Alkitabnya 

Apa itu Perselingkuhan? 

Dalam Alkitab apakah ada catatan tentang perselingkuhan? Jika kita melihat di dalam Alkitab tidak ditemukan kata perselingkuhan. Namun, secara jelas tertulis dalam sepuluh perintah Allah tentang “jangan berzinah”, mengambil istri orang lain, dan juga tindakan kekerasan seksual. 

Lalu apa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia tentang perselingkuhan? Perselingkuhan berarti menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri; 1 tidak berterus terang; tidak jujur; curang; serong; 2 suka menggelapkan uang; korup; 3 suka menyeleweng. 

Oleh karena itu, ketika melihat arti dari selingkuh sangatlah luas. Tetapi kata berzinah mengacu pada hubungan yang tidak sah diluar hubungan pernikahan. Sehingga hubungan perselingkuhan yang kita kenal saat ini berdasarkan ALkitab adalah tindakan perzinahan. 

 

Baca Juga : Fakta Alkitab: Mujizat Air Jadi Anggur di Kana, Asalnya dari Air Pembasuh Kaki

 

Hukuman Perselingkuhan di Perjanjian Lama 

Jangan berzinah adalah salah satu dari kesepuluh perintah Allah yang diberikan kepada Musa. Sedangkan berdasarkan peraturan yang ada di dalam perjanjinan lama, konsekuensi yang diterima ketika melakukan perselingkuhan adalah hukuman mati. 

Bila seorang laki-laki berzinah dengan istri orang lain, tentu keduanya akan terkena hukuman mati, baik laki-laki maupun perempuan yang berzinah. (Imamat 20 : 10). Bahkan seorang gadis yang belum menikah pun dan didapati benar melakukan perzinahan akan dihukum mati dengan dilempari batu. (Ulangan 22 : 20 – 21). 

Kasus Perselingkuhan yang Tercatat di Alkitab 

Dalam Alkitab kita sering mendengar beberapa kisah tentang perzinahan, salah satunya yaitu kisah dari Daud dan Betsyeba.

 

Baca Juga : Fakta Alkitab : Ingin Umur Panjang Seperti Para Tokoh Alkitab? Ini Rahasianya...

 

1. Daud dan Betsyeba (2 Samuel 11) 

Daud yang menginginkan istri Uria orang Het yang merupakan salah satu pahlawan Daud. Namun, setelah melakukan perzinahan, Daud dengan cara liciknya membunuh Uria.

Sumber : Youtube Channel Jawaban
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami