Hubungan Antara Gunung Sion, Bangsa Israel, Yahudi, dan Zionis
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 25 July 2023

Kalangan Sendiri

Hubungan Antara Gunung Sion, Bangsa Israel, Yahudi, dan Zionis

Claudia Jessica Official Writer
2594

Gunung Sion yang biasa dikunjungi oleh para peziarah saat ini disebut sebagai Gunung Sion Modern. Gunung Sion menjadi titik tertinggi di Yerusalem, tepat di luar tembok Kota Tua. Di area Gunung Sion terdapat situs-situs Alkitab seperti Makam Daud, Ruang Perjamuan Terakhir, dan Tempat Pemakaman Bunda Maria.

Nah, jika lokasi terkini itu disebut Gunung Sion Modern, lantas dimana lokasi Gunung Sion sebelumnya?

Lokasi pertama Gunung Sion berada di Bukit Timur bagian bawah di wilayah Yerusalem. Sion menjadi nama benteng Kaum Yebus. Ketika Raja Daud berhasil menaklukkan Kaum Yebus dan menguasai Benteng Sion, ia mendirikan Istana di sana. Raja Daud menamai tempat itu dengan Kota Daud. (2 Samuel 5:7-10)

 

BACA JUGA: Wah, YouVersion Sediakan Tools Untuk Bantu Kesehatan Mental

 

Lokasi kedua, berada di Bukit Timur Atas. Di tempat ini, orang yahudi meyakini bahwa Bait Suci Pertama atau Bait Suci Salomo didirikan. Oleh karena itu, nama Gunung Sion berpindah ke sana hingga kemudian beralih ke lokasi terakhir, yaitu Gunung Sion Modern.

Asal Usul Nama Sion

Tidak ada kepastian tentang asal usul kata Sion. Namun nama Sion kemungkinan berasal dari beberapa akar kata Bahasa Semit. Jika mungkin dari akar kata ṣyw artinya menjadi kering, kemudian dari akar kata ṣîyôn yang berarti bukit yang gersang; atau dari akar kata ṣyn yang berarti melindungi atau berarti benteng.

Gunung Sion dan Agama Yahudi

Dalam agama Yahudi, Sion adalah simbol hubungan orang Yahudi dengan Tuhan. Tempat ini adalah tempat berziarah dan berdoa. Orang Yahudi percaya bahwa Gunung Sion atau Bukit Bait Suci di Yerusalem adalah tempat yang paling suci. Mereka juga percaya bahwa tempat itu merupakan tempat berdirinya Bait Suci pertama dan kedua.

Meskipun di tempat ini sekarang berdiri Masjid Al-Aqsa yang merupakan tempat tersuci ketiga dalam Islam, agama Yahudi menyakini bahwa tempat tersebut menjadi akar konsep Zionisme, yaitu gerakan untuk mendirikan tanah air Yahudi di Israel. Orang Yahudi mengklaim memiliki hak untuk kembali ke tanah air mereka dan mendirikan sebuah negara berdaulat.

 

BACA JUGA: Inilah Fakta Tentang Praktek Sihir yang Dilakukan di Dalam Alkitab

 

Zionis Istilah Perjuangan dan Umpatan

Seorang Yahudi yang berjuang untuk sebuah negara Yahudi yang merdeka disebut Zionis. Sebutan Zionis tidak diperuntukan hanya untuk oang Yahudi yang religus dan orang yang percaya Israel adalah ‘tanah yang dijanjikan’ saja, tetapi juga orang Yahudi yang tidak beragama serta menyetujui keberadaan negara merdeka bagi orang Yahudi.

Namun bagi penentang Israel, kata “Zionis” saat ini seringkali digunakan sebagai kata umpatan atau label negatif. Para penentang juga menganggap bahwa semua orang Yahudi adalah Zionis. Padahal faktanya tidak demikian. Kebanyakan orang Yahudi tidak tinggal di Israel. Tidak semua penduduk Israel adalah orang Yahudi; ada juga banyak orang non-Yahudi yang tinggal di Israel. Dan tidak semua orang Yahudi mendukung gerakan Zionisme.

Makna Sion bagi orang Kristen

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami