Mengalami Tuhan di Tengah Kesepian
Sumber: Freepik

Kata Alkitab / 24 June 2023

Kalangan Sendiri

Mengalami Tuhan di Tengah Kesepian

Entin Setyoati Contributor
1220

Baru-baru ini dunia hiburan tanah air dihebohkan oleh sosok Putri Ariani, penyanyi asal Indonesia yang mendapatkan Golden Buzzer dalam acara America's Got Talent (AGT) 2023 ramai jadi sorotan hingga Viral di Media Sosial. 

Lagu yang kini viral yang diciptakannya sendiri berjudul “Loneliness” yang berarti kesepian. Putri bercerita bahwa lagu karangannya ini merupakan pengalaman pribadinya ketika ia pernah mengalami kesepian. Ia ditinggal oleh seseorang yang dicintainya. 

 

Baca Juga: Jika Kamu Merasa Kesepian, Ini yang Tuhan Mau Katakan untuk Kamu..

 

Pernahkah Anda mengalami kesepian? Tidak ada seorangpun yang mengerti dan mempedulikan Anda? Dalam buku Love Hurts (2016), Lodro Rinzler mengingatkan kita bahwa setiap orang mengalami kesepian. Pada saat tertentu ada jutaan orang, jika bukan miliaran, yang merasa kesepian. Anda tidak pernah benar-benar sendirian dalam kesepian Anda. Ternyata, rasa kesepian tidak baik bagi kesehatan manusia. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Heart juga mengamati hal ini.

Para peneliti menemukan terisolasi secara sosial (Dipisahkan dari orang lain) dan kesepian punya dampak buruk bagi kesehatan seseorang. Alkitab menceritakan ada seorang yang pernah merasa kesepian luar biasa dalam hidupnya. Dia benar-benar sepi karena ditinggalkan oleh orang-orang terdekatnya. Sahabat dan teman-temannya menjauh darinya. Ia memilih hidup sendiri di padang gurun demi menghindari perencanaan pembunuhan yang dilakukan oleh raja Saul. Orang itu adalah raja Daud.

Sifat iri hati raja Saul membuat Daud dikejar oleh raja Saul dan pasukannya, yang merencanakan pembunuhan terhadap dirinya. Dalam Mazmur 63 ini, Dikisahkan Daud mengalami ketakutan dan kekuatiran yang membuat kondisi tubuhnya berangsur-angsur melemah. Daud merasa bahwa banyak orang telah meninggalkan dia. Di padang gurun Daud merasa sepi dan sendirian, jiwanya hampa dan dan mengalami kegalauan. Tetapi, Daud mengambil keputusan tepat ketika rasa sepi melanda hidupnya. Daud memilih untuk datang kepada Tuhan, karena ia menyadari hanya Tuhanlah yang senantiasa peduli dan setia menolongnya.

 

Baca Juga: Dibalik Kesuksesan Anak Disabilitas: Inilah Peran Penting Orangtua dalam Mendukung Mereka

 

Dalam Mazmur 63:6-7 tertulis, “Apabila aku ingat kepada-Mu di tempat tidurku, merenungkan Engkau sepanjang kawal malam, sungguh Engkau telah menjadi pertolonganku, dan dalam naungan sayap-Mu aku bersorak-sorai”. Dalam Mazmur ini, ternyata Daud memikirkan Tuhan sepanjang malam dalam tidurnya, ia percaya ditengah rasa sepi yang ia alami, Tuhanlah yang menjadi sumber pertolongannya dan menjanjikan sukacita.

Pemazmur mengajarkan bahwa Tuhan berkenan ditemui ketika orang merindukan-Nya. Tuhan tidak akan membiarkan umat-Nya merasa sepi. Janji penyertaan-Nya akan menguatkan mereka yang percaya kepada Tuhan. Itu sebabnya Daud selalu merindukan Tuhan di sepanjang hidupnya, sekalipun ia menghadapi banyak persoalan. Ia tidak takut dan putus asa karena ia tahu Tuhan menyertainya dalam segala perkara. 

Apakah Anda mengalami kesepian ? Carilah Tuhan, niscaya jiwa Anda akan tenang dan sukacita.

 

Anda diberkati melalui artikel ini? Mari bagikan artikel ini kepada keluarga, teman-teman gereja, komunitas maupun group bertumbuh Anda agar hidup mereka ikut diberkati.

Halaman :
1

Ikuti Kami