7 Alasan Bijak Dalam Memiliki Penyusunan Anggaran untuk Memuliakan Tuhan [Part 1]
Sumber: canva.com

Finance / 9 June 2023

Kalangan Sendiri

7 Alasan Bijak Dalam Memiliki Penyusunan Anggaran untuk Memuliakan Tuhan [Part 1]

Bella Tiurma Official Writer
1060

Dalam Alkitab, terdapat beragam ayat yang membahas tentang uang sebagai bagian penting dalam kehidupan kita. Yesus pun telah menunjukkan kepedulian-Nya terhadap semua aspek kehidupan, termasuk uang. Sebagai umat Kristiani yang bijak dan menghayati kehidupan, kita perlu memiliki penguasaan diri dan bertindak sebagai pengelola yang bijak terhadap pemberian yang telah diberikan oleh Allah. 

Dalam hal ini, penyusunan anggaran untuk memuliakan Tuhan menjadi langkah yang memiliki makna mendalam. Dengan menyisihkan sebagian dari sumber daya yang diberikan oleh Tuhan kepada kita, kita dapat mengalokasikan dana dan sumber daya dengan bijak untuk membangun dan mendukung karya Tuhan di dunia ini. 

Anggaran yang disusun dengan penuh kebijaksanaan dan kepedulian dapat memberikan landasan yang kokoh untuk memuliakan Tuhan dalam berbagai aspek kehidupan. Melalui penyusunan anggaran yang baik, kita mampu menunjukkan rasa syukur dan tanggung jawab sebagai umat yang setia, serta menghormati dan menghargai karunia-karunia yang diberikan oleh Tuhan kepada kita.

 

Baca Juga : Kata Siapa Liburan Bikin Bokek? Simak Dulu 7 Tips Liburan Hemat Berikut Ini!

 

Yuk simak lebih lanjut 7 alasan bijak dalam memiliki penyusunan anggaran untuk memuliakan Tuhan. 

1. Membangun Karunia Roh Kudus 

Seseorang yang memiliki penguasaan diri yang baik, dimana hal ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya buah Roh yang tertanam dalam kehidupan umat Kristiani. Sehingga dalam penguasaan diri ini tidak dibangun dengan baik, maka akan menjadi sesuatu hal yang sangat cepat menjadi lepas kendali. Ketika kita tidak bisa mengendalikannya, maka kita akan kehilangan kontrol dalam segala aspek di kehidupan kita, tak hanya dalam keuangan saja. Namun, dalam hal pernikahan, keluarga, bahkan hubungan kita bisa saja lepas kendali, tetapi yang menjadi berbeda dengan keuangan adalah hal ini tidak dimintai pertanggungjawaban. 

Penganggaran memanfaatkan kecenderungan manusia untuk pengeluaran berlebihan dan membantu kita dalam mengidentifikasi area di mana kita mengeluarkan uang secara berlebihan atau terlalu sedikit. Melalui pengaturan anggaran, kita dapat belajar mengendalikan diri dan mempraktikkan disiplin dalam pengeluaran keuangan. 

2. Memberikan Ketenangan Pikiran 

Melalui sebuah penganggaran yang baik, akan sangat mungkin kita dapat menabung untuk membeli sesuatu yang penting. Bahkan kita akan menjadi sangat tenang dan mudah dalam melakukan pembayaran tagihan dan hal-hal lainnya dari uang yang masih tersisa. 

Oleh karena itu, dengan melakukan sebuah penyusunan anggaran kita akan diberikan sebuah ketenangan pikiran. Karena kita tahu bahwa kita telah menyisihkan dana untuk menghadapi situasi sulit dalam hidup dan masih memiliki cukup uang untuk memenuhi keinginan pembelian kita.

 

Baca Juga : 7 Prinsip Pengelolaan Keuangan yang Tuhan Mau Orang Kristen Lakukan

 

3. Membentuk Menjadi Penatalayanan yang Baik dari yang Tuhan Berikan 

Apapun yang telah Tuhan tugaskan kepada kita, maka kita harus menjadi pribadi penatalayan yang baik. Hal ini berarti memungkinkan kita untuk menjadi pribadi yang mampu melakukan penyusunan anggaran, dimana kita dapat memisahkan keuangan kita untuk ditabung, pembelian hal yang diperlukan sehari-hari, perbaikan, perencanaan masa depan, bahkan hal-hal tak terduga. 

Di sisi lain, ketika Tuhan telah mengizinkan kita untuk mengeluarkan uang ekstra, seperti pembelian mobil atau hal mewah lainnya, maka kita pun dapat melakukannya. Kita perlu menjaga agar keinginan kita untuk memiliki sesuatu tidak mempengaruhi penyusunan anggaran kita saat melakukan pembelian dan menabung. Penting untuk memprioritaskan pembayaran tagihan yang harus dilakukan dan juga mencapai posisi keuangan yang stabil dengan belajar mengelola uang secara bijak. 

Inilah 3 dari 7 hal yang menjadi alasan bijak kita untuk memiliki penyusunan anggaran untuk memuliajan Tuhan. Ingin tahu empat hal lainnya? Nantikan pembahasannya di artikel selanjutnya!

Halaman :
1

Ikuti Kami