Saling Bertumbuh dalam Keluarga dengan Cara yang Tuhan Kehendaki
Sumber: canva.com

Relationship / 9 June 2023

Kalangan Sendiri

Saling Bertumbuh dalam Keluarga dengan Cara yang Tuhan Kehendaki

Claudia Jessica Official Writer
1593

Salah satu ciri keluarga yang luar biasa adalah setiap anggota keluarga saling membantu untuk bertumbuh di dalam iman Anda kepada Yesus Kristus. Baik itu keluarga kandung, keluarga angkat, atau bahkan keluarga gereja. Tapi bagaimana kita bisa mendukung anggota keluarga kita untuk saling bertumbuh dalam iman?

Saya membagikan dua metode yang dapat membantu orang lain untuk bertumbuh dan dua metode yang tidak dapat membantu orang lain. Metode ini berlaku di setiap bidang kehidupan, tidak hanya di keluarga. Mari kita lihat:

Untuk membantu saling bertumbuh:

1. Melalui teladan. Yesus melakukan ini ketika mengajar murid-muridNya. Yohanes 13:14-15 mengatakan, “Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu; sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.”

Mereka tidak ingin mendengar khotbah dari Anda, tetapi mereka ingin melihat teladan Yesus dalam hidup Anda.

2. Melalui percakapan. Jika Anda tidak melakukan pembicaraan yang dalam dan kritis dengan anak-anak Anda tentang masalah yang nyata, Anda akan kehilangan kesempatan untuk membantu mereka berkembang. Singkirkan dulu percakapan tentang makanan, atau pekerjaan rumah, cobalah untuk melakukan percakapan yang benar-benar penting dalam hidup.

Ulangan 6:7 berkata, “Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”

2 Hal yang TIDAK membantu saling bertumbuh:

1. Memberikan kritik. Mengomel tidak akan bekerja, demikian juga dengan mengutuk, mengkritik, dan mengeluh. Semua hal negatif ini tidak akan membantu seseorang untuk berubah. Mengapa? Karena ketika memberikan kritik, Anda hanya fokus pada apa yang Anda tidak inginkan.

Efesus 6:4 berkata, “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”

2. Membandingkan. Semua orang itu unik. Tidak ada seorang pun di dunia yang sama persis seperti Anda. Maka dari itu, membanding-bandingkan tidak akan pernah membuat orang bertumbuh. Alkitab berkata, “Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain,” (Galatia 6:4).

Alkitab dipenuhi dengan instruksi dan contoh tentang bagaimana orang harus memperlakukan satu sama lain.

Bahkan faktanya, Alkitab menyertakan 58 pernyataan untuk melakukan satu hal kepada “satu sama lain” seperti “saling mengasihi, saling memperhatikan, saling mendoakan, saling menguatkan, saling membantu, saling menasihati, dan mendukung satu sama lain.” Itulah cara yang Tuhan mau.

 

Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan ~ 1 Tesalonika 5:11

Sumber : pastorrick.com
Halaman :
1

Ikuti Kami