Ikut Arisan Karena Sama Seperti Investasi? Yakin Arisan itu Investasi?Simak Penjelasannya
Sumber: blog.amartha.com

Finance / 26 May 2023

Kalangan Sendiri

Ikut Arisan Karena Sama Seperti Investasi? Yakin Arisan itu Investasi?Simak Penjelasannya

Bella Tiurma Official Writer
1448

Kebanyakan perempuan, tak terkecuali para artis pasti mengikuti setidaknya satu kelompok arisan. Tak jarang alasan terbentuknya satu kelompok arisan adalah untuk menjaga hubungan persaudaraan dengan teman ataupun saudara. Atau mungkin ada beberapa orang yang mengikuti arisan dengan tujuan menambah pertemanan. 

Sudah bertahun-tahun lamanya, arisan menjadi tempat untuk berkumpul sebagai pemanis dalam sebuah pergaulan. Anggota arisan pasti akan menyetorkan sejumlah uang yang telah disepakati bersama. Namun, ketika melihat arisan di kalangan artis atau kalangan sosialita, tak hanya uang saja tetapi beberapa kelompok arisan menggunakan emas, berlian, tas bermerk, ataupun barang-barang lainnya.

Baca Juga : Ingin Berinvestasi? Lihat 5 Aturan Utama ala Warren Buffett!

Hal ini membuat beberapa orang yang ikut akan memiliki anggapan bahwa dengan mengikuti arisan akan mendapat keuntungan dan beranggapan sebagai investasi. Tetapi apakah benar mengikuti arisan sama dengan berinvestasi? Atau menjadi bisa membuat seseorang menjadi boros? 

Perlu diketahui oleh setiap orang, bahwa arisan dan investasi dua hal yang berbeda. Menurut perencana keuangan, Taufik Gumulya, investasi adalah suatu yang ditunda oleh seseorang untuk dinikmati di kemudian hari. Sementara arisan seperti membeli suatu barang, dimana seseorang akan membayarkan sejumlah uang untuk barang yang akan didapat. 

Selain itu, ketika seseorang mengikuti investasi akan ada kemungkinan ia mendapatkan keuntungan atau kerugian. Tak hanya itu, dalam investasi seseorang dapat melakukan pengelolaan yang berdampak nilai aset akan menjadi tinggi di masa depan.

Baca Juga : Sebelum Mulai Investasi, Anda Harus Tahu Apa Itu Alokasi Aset Lebih Dulu

Di sisi lain, arisan lebih cocok dikategorikan seperti menabung karena seseorang harus menyisihkan sebagian pendapatannya ke dalam dana bersama yang nantinya akan didapatkan dengan cara diundi. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa arisan bukanlah investasi, karena dana yang diberikan tidak akan mengalami pertambahan nilai. Hasil arisan yang kita dapatkan adalah hasil pengumpulan dana. 

Hal ini bukan menjadi halangan dan larangan bagi setiap orang untuk mengikuti arisan, karena dengan adanya arisan setiap orang dapat saling terhubung satu sama lain dan mampu melatih seseorang untuk bisa menyisihkan uangnya setiap bulan. Dan yang perlu diingat bahwa tidak diwajibkan seseorang mengikuti arisan karena perlu adanya kemampuan dalam pengelolaan keuangan yang baik supaya tidak mengalami kesulitan di kemudian hari hanya karena mengikuti arisan.

Sumber : detikfinance | kumparan.com | lifestyle.kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami