Apakah Quarter-Life Crisis Pasti Terjadi Pada Setiap Orang?
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 25 May 2023

Kalangan Sendiri

Apakah Quarter-Life Crisis Pasti Terjadi Pada Setiap Orang?

Wisnu Prianggani Contributor
1147

Istilah Quarter-Life Crisis, atau bisa juga dipahami sebagai periode hidup pada usia awal 20-an hingga 30-an sudah menjadi salah satu topik yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun, apakah krisis ini pasti terjadi pada setiap orang?

Jika pertanyaan itu pernah muncul di benak Anda maka jawabannya adalah tidak. Sebenarnya pengalaman quarter-life crisis ini dapat berbeda dari satu individu ke individu lainnya, dan faktanya tidak semua orang mengalami masa ini. Beberapa orang mungkin melalui periode ini dengan baik-baik saja, sementara yang lain bisa saja merasa tidak pasti dan bingung tentang banyak hal dalam hidup mereka.

Faktanya terdapat beberapa penelitian yang menyoroti fenomena quarter-life crisis dan sejauh mana hal ini umum terjadi. Salah satu studi yang dilakukan oleh psikolog Oliver Robinson dari University of Greenwich melibatkan lebih dari 1.000 partisipan yang berusia antara 25 hingga 35 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 86% partisipan mengalami setidaknya satu dari gejala quarter-life crisis seperti keraguan diri, kecemasan, atau perubahan prioritas hidup.

 

Baca Juga: Alami Quarter Life Crisis, Bagaimana Cara Menghadapinya?

 

Penelitian lain yang dilakukan oleh Jennifer Tanner dan Kolleganya di University of Houston melibatkan wawancara mendalam dengan individu pada usia 25 hingga 35 tahun. Mereka menemukan bahwa sebagian besar partisipan mengalami masa-masa kebingungan dan ketidakpastian pada tahap usia ini dalam hidup mereka, terutama terkait dengan pilihan karir dan hubungan sosial.

Namun, penting untuk diingat bahwa quarter-life crisis sebenarnya tidak dikenali secara resmi sebagai kondisi klinis oleh para ahli kesehatan mental. Ini lebih ke arah istilah populer yang digunakan untuk menggambarkan sebuah tantangan yang sering dihadapi oleh individu pada rentang usia 20-an hingga 30-an.

Jika Anda saat ini sedang berada di dalam periode ini, maka Anda perlu menyadari bahwa mencari dukungan dan hikmat dari Alkitab selama masa-masa ketidakpastian seperti ini adalah keputusan yang tepat. Allah selalu memberikan penghiburan melalui siapa saja dan Alkitab. Ada salah satu ayat yang mungkin relevan untuk Anda yang sedang melewati periode ini, yaitu Mazmur 32:8, yang berbunyi “Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.”

Ayat ini menggambarkan keyakinan bahwa Tuhan dapat memberikan petunjuk dan bimbingan dalam menjalani masa-masa ketidakpastian dalam hidup. Bagi mereka yang memiliki keyakinan agama, mengandalkan pada Tuhan dan berpegang pada prinsip-prinsip Alkitab dapat menjadi sumber kekuatan dan ketenangan dalam menghadapi quarter-life crisis.

 

Baca Juga: Masuki Usia Paruh Baya, Adalah Momentum Bagi Awal Baru Bukan Krisis

 

Secara keseluruhan, untuk menjawab pertanyaan di atas, quarter-life crisis tidak selalu terjadi pada setiap orang karena pengalaman ini tentu saja sangat bervariasi tergantung pada berbagai faktor tertentu. Namun dari penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa faktanya ada banyak orang mengalami periode ketidakpastian dan kebingungan pada periode ini dalam hidup mereka.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari bimbingan untuk menghadapi periode ini, Alkitab dapat menjadi sumber inspirasi dan hikmat dalam menghadapi tantangan ini. Selain itu Anda juga daoat menghubungi Layanan Doa dan Konseling kami melalui WhatsApp di nomor 0822-1500-2424 atau klik link bit.ly/InginDidoakan

 

Halaman :
1

Ikuti Kami