Tiga Cara Mengetahui Kehendak TUHAN
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 25 May 2023

Kalangan Sendiri

Tiga Cara Mengetahui Kehendak TUHAN

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
62335

Satu hal sudah pasti. Kita dapat mengetahui kehendak Tuhan. Walaupun itu tampak misterius, sebenarnya tidak ada misteri di dalamnya. Jika kita tahu ke mana kita harus mencari, kehendak Tuhan ada di sana. Dan jika kita mendengar dengan baik, Tuhan akan berbicara kepada kita melalui cara-cara yang mengagumkan.

Pertama, Tuhan berbicara melalui firman-Nya yaitu Alkitab. Segala sesuatu yang kita butuhkan untuk kehidupan yang menyenangkan Tuhan ada di dalam Alkitab. Sementara kita mulai mengenal firman Tuhan, kita akan mengenal kehendak Tuhan.

 

Baca Juga: Temukan Keajaiban Tuhan disekitarmu dengan Mengasah 5 Indra Fisik Berikut Ini

 

Kedua, Tuhan berbicara melalui penilaian dan akal sehat kita. Namun waspadalah, keputusan-keputusan kita akan sesuai dengan kehendak Tuhan hanya jika kita mengenal Tuhan secara pribadi lebih dahulu, dan hanya jika hubungan kita dengan Tuhan itu benar. Saat kita ada dalam kondisi ini, kita akan bertindak dengan “pikiran Kristus” dan Roh Kudus yang akan menuntun nurani dan pemikiran kita.

Akhirnya yang terakhir dan yang paling umum, Tuhan berbicara melalui rincian kehidupan kita. Oswald Chambers mengatakannya dengan cara ini: “Tuhan berbicara melalui bahasa yang paling kita kenal---bukan melalui telinga kita tetapi melalui keadaan-keadaan kehidupan kita.”

Mungkin kita akan berkata dan menganggap hidup kita ini suatu kebetulan. Padahal sesungguhnya apa pun yang terjadi dalam kehidupan kita tidak ada yang kebetulan. Kita ada karena suatu maksud. Dan apa pun yang kita lakukan memang berarti bagi Tuhan.

Segala sesuatu yang kita lakukan berarti bagi Tuhan dan bukan hanya hal-hal yang kita lakukan di gereja, tetapi dalam hal-hal kecil setiap harinya. Di sanalah kita akan paling sering menemukan kehendak Tuhan.

Perhatikanlah kehidupan kita secara terperinci dan pikirkanlah saat-saat dan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita. Dan lihatlah sejauh mana kita telah berjalan. “Hal-hal baik” itu bukan kebetulan. Kita bukan hanya “beruntung”. Jika hati kita telah mengikut Tuhan, selama ini Ia telah memimpin kita dan mungkin kita telah melakukan kehendak-Nya (karena kadang kita tidak mengetahuinya).

 

Baca Juga: Sudahkah Kamu Jadi Orang Kristen yang Otentik?

 

Dilain pihak, jika kita merasa seolah-olah hidup ini adalah ketidakadilan demi ketidakadilan dan kita mengasihani diri sendiri lalu kita marah kepada Tuhan, mungkin inilah saatnya untuk kembali ke hal-hal yang dasar. Singkirkanlah pusat perhatian dari diri sendiri dan mulailah mengenal Tuhan lebih baik dengan membaca firman-Nya, berdoa, dan berhubungan dengan orang-orang yang berada dalam kehendak Tuhan. Tuhan ingin memimpin kita melalui rincian kehidupan kita. Berikanlah kesempatan kepada-Nya.

 

Sumber : Tuhan Ada Dalam Hal-Hal Kecil / jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami