Temukan Keajaiban Tuhan disekitarmu dengan Mengasah 5 Indra Fisik Berikut Ini
Sumber: kristusyesus.com

Kata Alkitab / 24 May 2023

Kalangan Sendiri

Temukan Keajaiban Tuhan disekitarmu dengan Mengasah 5 Indra Fisik Berikut Ini

Bella Tiurma Official Writer
455

Setiap orang tentu memiliki indra dalam dirinya yang memiliki tugasnya masing-masing. Dimana indra penglihatan yang Tuhan berikan dapat berguna untuk melihat keajaiban-Nya yang terjadi disekitar kita. Untuk itu, setiap orang dapat mengasah indra fisiknya sebagai alat dalam menemukan keajaiban Tuhan untuk meningkatkan kehidupan spiritual pribadi. 

Ketika setiap orang dapat menggabungkan kedua aspek antara spiritualitas diri dengan fisik dalam kehidupan, maka setiap orang dapat menemukan dan melihat keajaiban yang Tuhan berikan yang memampukan kita untuk bisa menghargainya. 

Tak jarang seseorang menjadi pribadi yang peka terhadap lingkungannya, namun mematikan kepekaan indra fisiknya. Sehingga setiap orang perlu mengubah gaya hidupnya, agar setiap kita tidak mengalami mati rasa yang telah mengambil segala hal dalam diri kita dan memenciptakan kebiasaan buruk, seperti sibuk dalam pekerjaan, makan secara berlebihan, berbelanja terlalu banyak, dan menonton film secara terus-menerus.

Baca Juga : Mengapa Orang Kristen Selalu Mengatakan “Percaya dan Berdoa”?

Oleh karena itu, supaya setiap orang tidak beralih melakukan hal-hal yang membuat dirinya menjadi mati rasa, maka bukalah hati kepada Tuhan dan mintalah bantuanNya dan ketenangan. Karena disaat seseorang semakin peka terlebih dalam mengasah kepekaan indra fisiknya, maka setiap orang akan menemukan keajaiban dan pengetahuan secara spiritual yang sangat ajaib. 

Ingin tahu bagaimana cara mengasah kelima indra fisik? Coba cara berikut ini. 

1. Indra Penglihatan 

Dalam mengasah indra penglihatan, setiap orang dapat berpergian ke tempat umum yang ramai dengan orang-orang sibuk,  diam sejenak dan perhatikan sekitar secara perlahan. Di saat itu kita dapat menyaksikan dan mendapatkan banyak hal-hal yang menarik untuk dipelajari. 

Selain itu, seseorang dapat pergi ke sebuah taman atau sebuah galeri kesenian, abadikan setiap hal yang membuat kita mendapatkan sebuah inspirasi atau seseorang dapat membangun sebuah diskusi dengan teman terkait hal-hal yang mengagumkan.

“Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.” - Matius 6 : 22 - 23

Baca Juga : Keajaiban Tuhan Sungguh Nyata di dalam Hidup Pendeta Gereja JCC Ini

2. Indra Pendengaran atau Suara 

“Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!” - Matius 11 : 15 

Seseorang dapat duduk di alam terbuka dengan tubuh yang rileks dan menutup mata, dengarkan suara yang ada disekitar. Mulai dari suara bisingnya lalu lintas, kicauan burung, hingga musik dengan berbagai aliran. Melalui cara ini, seseorang dapat mengidentifikasi setiap jenis suara yang terdengar. 

3. Indra Penciuman 

“Sebab bagi Allah kami adalah bau yang harum dari Kristus di tengah-tengah mereka yang diselamatkan dan di antara mereka yang binasa.” - 2 Korintus 2 : 15 

Melalui aroma yang dihasilkan dari makanan, sebuah tempat atau toko, lilin, pengharum, atau bahkan alam terbuka setelah hujan turun, dengan ajaibnya mampu mempengaruhi perasaan seseorang. Sehingga dengan mengasah indra penciuman kita dapat berguna untuk mengontrol emosi dan perasaan dalam diri seseorang.

Baca Juga : 8 Ayat Alkitab Bukti Bahwa Mujizat Itu Nyata

4. Indra Perasa 

Mengasah indra perasa akan menghasilkan sebuah berkat bagi orang lain. Dimana seseorang yang mampu mencicipi makanan dengan rasa yang lezat dapat menumbuhkan rasa berbagi pada seseorang. Misalkan, seseorang menemukan masakan daerah yang enak, tak mungkin mereka tidak membelikan untuk keluarga, teman atau kerabat lainnya agar mereka bisa mencobanya. Sehingga apa yang kita rasakan juga bisa dirasakan oleh orang lain.

"Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.” - Matius 5 : 13 

5. Indra Peraba 

Melalui sentuhan yang setiap orang dapatkan, akan menimbulkan perasaan bahwa dirinya mendapatkan sentuhan kasih dan menerima kasih sayang yang murni. Sentuhan yang diterima tak hanya berasal dari orang terkasih saja, tetapi kita bisa mendapatkannya dari hewan peliharaan kesayangan ataupun hanya sekedar benda yang memberikan kelembutan pada permukaan kulit kita. Hal ini sangat berdampak bagi emosional kita yang menjadi lebih tenang dan merasa lebih dicintai.

“Ke mana pun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh.” - Markus 6 : 56 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami