Seberapa Penting Orang Kristen Mengetahui Tentang Taurat? Simak Penjelasannya...
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 23 May 2023

Kalangan Sendiri

Seberapa Penting Orang Kristen Mengetahui Tentang Taurat? Simak Penjelasannya...

Bella Tiurma Official Writer
395

Kitab Taurat merupakan bagian penting dari Alkitab yang terus relevan bagi setiap umat Kristiani. Dimana pelajaran dan cerita yang terkandung dalam kitab Taurat dapat menjadi asing dan menantang untuk mendalami dan memahaminya. Sehingga dengan mempelajari kitab Taurat setiap umat Kristiani mendapatkan wawasan sejarah dan pemahaman spiritual, serta memperdalam pengertian tentang ajaran dasar iman umat Kristiani. 

Kata Taurat sendiri berasal dari kata Ibrani yang merujuk pada “intruksi” atau “pengajaran”. Dimana menurut tradisi Yahudi, Taurat yang diberikan Tuhan Yesus kepada Musa di Gunung SInai, berisi tentang hukum dan perintah yang menjadi pedoman bagi kehidupan dan ibadah orang Yahudi. 

Sehingga bagi setiap umat Kristiani, kitab Taurat memiliki sebuah makna sejarah dan spiritual yang besar. Karena kitab Taurat merupakan dasar dari Perjanjian Lama, yang memberikan wawasan penting tentang sejarah, budaya, praktik keagamaan orang Yahudi, dan membantu setiap umat Kristiani memahami dasar dari iman.

Baca Juga : Jurus Jitu Rajin Baca Alkitab Sepanjang Tahun, Yuk Mulai Dengan 10 Rencana Ini

Begitupun kitab Perjanjian Baru yang merujuk pada ajaran dan cerita yang terkandung dalam kitab Taurat. Dimana Yesus dan murid-muridNya pun menggunakan tradisi dan ajaran berlandaskan pada kitab Taurat dalam pengajaran dan pelayanannya. Beberapa contoh Perjanjian Baru yang merujuk pada ajaran dan cerita dalam Taurat. 

1. Sepuluh Perintah Allah 

Sepuluh perintah telah dijelaskan dalam Alkitab di Keluaran 20 dan Ulangan 5 yang menjadi dasar iman. Sedangkan ketika melihat dalam Perjanjian Baru, Yesus melihat beberapa perintah, termasuk perintah tentang menghormati orang tua yang terdapat dalam Matius 15 : 4 “Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati.” 

Selain itu, dalam Perjanjian Baru pun menjelaskan perintah tentang jangan berzinah yang terdapat dalam Matius 5 : 27 – 28 “Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.” 

2. Kisah Adam dan Hawa 

Kisah Adam dan Hawa tentu sering dibaca oleh umat Kristiani dalam Kejadian. Namun, dalam Perjanjian Baru yang merujuk pada kisah Adam dan Hawa beberapa kali muncul, seperti dalam Roma 5 : 12 – 21 yang menyatakan tentang dosa masuk ke dunia melalui Adam, keselamatan dan kebenaran yang datang melalui Yesus.

Baca Juga : 3 Alasan Kenapa Belajar Alkitab Bareng Pasangan Itu Baik Bagi Pernikahanmu

3. Kisah Ular di Taman Eden 

Dalam Kejadian telah diceritakan bagaimana seekor ular yang berbohong pada Adam dan Hawa di Taman Eden. Kisah ini pun beberapa kali muncul dalam Perjanjian Baru dalam Wahyu 12 : 9 “Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.” 

Atau dalam Wahyu 20 : 2 “ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,” Yang menggambarkan iblis sebagai ular tua sama seperti seekor ular yang menipu Adam dan Hawa. 

Oleh karena itu, Kitab Taurat sangatlah penting untuk dipahami oleh setiap umat Kristiani. Karena melalui Taurat setiap umat Kristiani mendapatkan pedoman moral dan etika yang sangat penting, berkaitan, dan bermakna sampai saat ini.

Baca Juga : 8 Langkah Supaya Diskusi Alkitab Bareng Komsel Lebih Menarik dan Mendalam

Dengan mempelajari dan memperdalam Alkitab, termasuk kitab Taurat, setiap umat Kristiani mendapatkan pembelajaran seumur hidup yang sangat penting untuk pertumbuhan iman percaya pada Tuhan Yesus. Karena semakin banyak umat Kristiani membaca dan mempelajari setiap bagian dari Alkitab termasuk kitab Taurat, maka semakin banyak pula umat Kristiani memperkuat hubungan dengan Allah secara rohani. 

Melalui kitab Taurat, umat Kristiani dapat memperdalam pemahaman mengenai latar belakang budaya dan agama Yesus beserta pengikutNya. Serta mengetahui bahwa Yesus mengajarkan Taurat kepada banyak orang. Sehingga pentingnya umat Kristiani dalam mengetahui kitab Taurat yang tetap menjadi bagian penting dari Alkitab.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami