Pentingnya Konseling Pernikahan untuk Menyelamatkan Pernikahan yang Sedang Terancam Perceraian
Sumber: canva.com

Relationship / 2 August 2023

Kalangan Sendiri

Pentingnya Konseling Pernikahan untuk Menyelamatkan Pernikahan yang Sedang Terancam Perceraian

Wisnu Prianggani Contributor
1537

Kita pasti sudah mendengar kabar keretakan rumah tangga pasangan artis Kristen Rendy Kjaernett dan Lady Nayoan. Setelah Rendy terbukti selingkuh, Lady memutuskan untuk bercerai dari suaminya itu. Namun keputusan ini tidak diterima oleh Rendy dan dia segera meminta maaf dan berkomitmen untuk tidak mengulangi perbuatannya. 

Untuk menyelamatkan pernikahannya yang sudah diambang perceraian, aktor film tersebut mencoba untuk melakukan mediasi (konseling) untuk menghindari keputusan perceraian. Mediasi ini pun mereka tempuh bersama pendeta dan juga berdua. Belum diketahui pasti perkembangan dari keputusan keduanya. Namun kita bisa menggali lebih dalam tentang seberapa besar peran mediasi atau konseling pernikahan untuk menyelamatkan pernikahan yang bermasalah?

 

Mengapa Konseling Pernikahan Penting?

Mengapa konseling pernikahan penting? Tentu saja karena setiap pernikahan pasti mengalami pasang surut, dan jika tidak ditangani dengan benar, konflik-konflik tersebut dapat menciptakan jurang yang sulit untuk diperbaiki.

Sayangnya, seringkali pasangan tidak mencari bantuan pada saat waktu yang tepat karena merasa diri paling benar atau mungkin malu untuk mengakui kondisi pernikahan sedang tidak baik-baik saja. Padahal tindakan menunda untuk mencari bantuan sebenarnya dapat mengakibatkan kerusakan yang sangat besar, sehingga pernikahan bisa saja sudah hampir selesai dan konselor pada akhirnya hanya memiliki sedikit ruang untuk bisa membantu.

Dalam Amsal 11:14, terdapat ayat yang menjelaskan, “Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada.” Ayat ini dapat menggarisbawahi betapa pentingnya mendapatkan bimbingan dan konseling ketika kita menghadapi masalah yang terlalu besar untuk ditangani sendiri, sehingga perceraian tidak sampai terjadi. Saat pernikahan berada di ambang kehancuran, mencari bantuan dari orang bijak yang dapat memberikan nasehat dan pandangan dari sudut pandang yang berbeda tentu sangatlah penting.

 

Baca Juga: Pengampunan Mampukan Pasangan Ini Rujuk Setelah Sempat Bercerai

 

Apa tanda-tanda yang biasanya mengindikasikan bahwa sebuah pernikahan berada dalam bahaya? Hal yang menjadi indikasi biasanya seperti ketidakmampuan untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat, dominasi salah satu pasangan dalam hubungan tersebut, ketidakmampuan untuk mengompromikan, perselingkuhan, keruntuhan dalam komunikasi, dan bahkan ada banyak lagi. Jika Anda dan pasangan Anda mengenali tanda-tanda ini, penting sekali untuk segera mencari konseling pernikahan yang sesuai.

Namun kita juga harus menyadari bahwa tidak semua konseling yang mengaku sebagai konseling “Kristen” didasarkan pada kebenaran Firman Tuhan. Tidak hanya konselor saja, bahkan ada teman atau keluarga yang mungkin memiliki niat baik, tetapi mereka mungkin memberikan solusi yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip Alkitab, yang hanya akan membingungkan dan memperburuk masalah. Oleh karena itu, penting untuk memilih konselor yang didasarkan pada filosofi dan kepatuhan mereka terhadap Alkitab sebagai landasan untuk kesehatan emosional.

Dalam mencari konselor pernikahan, beberapa pertanyaan penting perlu dipertimbangkan adalah seperti, apakah konselor terafiliasi dengan organisasi nasional untuk konselor Kristen? Di mana konselor tersebut menerima pelatihan atau lisensi? Apakah konselor memiliki pengalaman dalam menangani masalah yang sedang dihadapi? Apakah Anda setuju dengan filosofi dan keyakinan agama konselor? Pertanyaan-pertanyaan ini membantu mempersempit pilihan dan menemukan konselor yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pasangan saat ini.

 

Baca Juga: Kerap Jadi Alasan Perceraian, Pahami Kenapa Pasangan Harus Mengelola Keuangan Bersama!

 

Kita semua tahu bahwa Allah mendukung pernikahan dan Ia membenci perceraian, seperti yang Maleakhi 2:16 katakan, yaitu “Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel – juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!” Perceraian bukanlah kehendak Tuhan, Ia mencintai pernikahan dan ingin membantu pasangan mengatasi konflik mereka. Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu diambil adalah meminta petunjuk Tuhan untuk menuntun pasangan menuju konselor yang tepat.

Meskipun tidak ada jaminan kesempurnaan, mencari konseling pernikahan yang didasarkan pada prinsip-prinsip Alkitab dapat membantu memperbaiki pernikahan yang sedang terancam. Keputusan untuk mencari bantuan melalui konseling adalah langkah bijak dan penuh harapan bagi pasangan yang ingin memperbaiki hubungan mereka sesuai dengan kehendak Allah.

 

Apakah Anda diberkati dengan artikel ini dan rindu agar orang lain ikut diberkati? Mari bersama-sama dengan kami terus menghasilkan konten-konten inspiratif dengan terus mendukung pelayanan kami dengan klik link di bawah.

 

DONASI

Halaman :
1

Ikuti Kami