Siapa Sebenarnya Barabas yang Dipilih Orang Yahudi daripada Yesus?
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 1 May 2023

Kalangan Sendiri

Siapa Sebenarnya Barabas yang Dipilih Orang Yahudi daripada Yesus?

Wisnu Prianggani Contributor
4221

Masih ingatkah Anda dengan seorang tahanan terkenal yang dijatuhi hukuman mati oleh pihak otoritas Romawi saat persidangan Yesus oleh Pilatus? Pada saat itu orang Yahudi memilih untuk membebaskan Barabas daripada Yesus yang dihukum mati disalib. Barabas pada waktu itu ditahan karena melakukan tindakan jahat seperti pemberontakan dan pembunuhan. Dalam Matius 27:16, yaitu “Dan pada waktu itu ada dalam penjara seorang yang terkenal kejahatannya yang bernama Yesus Barabas.” disebutkan bahwa Barabas adalah "tahanan terkenal". Markus 15:7, yaitu “Dan pada waktu itu adalah seorang yang bernama Barabas sedang dipenjarakan bersama beberapa orang pemberontak lainnya. Mereka telah melakukan pembunuhan dalam pemberontakan.” Juga mengatakan bahwa Barabas telah menjadi bagian dari pemberontakan di kota itu terhadap pihak otoritas Romawi.

Dengan tingkat kejahatan seperti itu, menurut hukum Romawi Barabas dijatuhi hukuman mati. Namun andingkanlah Barabas dengan Yesus, para pemimpin Yahudi bersikeras untuk membunuh karena mereka iri terhadap-Nya. Pemimpin-pemimpin ini membawa Yesus ke hadapan Pilatus untuk diadili, namun waktu itu Pilatus tidak menemukan kesalahan pada Yesus dan menyatakan Dia tidak bersalah. Bahkan Pilatus maupun istrinya menyebut Yesus sebagai "orang yang adil" (Matius 27:18, 19, 27).

 

Baca Juga: Inilah Janji-Janji Tuhan yang Perlu Orang Kristen Ketahui

 

Namun, sesuai tradisi pada waktu itu bahwa di setiap waktu Paskah ada kebiasaan bagi orang Yahudi untuk memilih satu tahanan untuk dibebaskan. Pilatus bertanya kepada para pemimpin Yahudi mengenai siapa yang ingin mereka bebaskan. Barabas, atau Yesus yang disebut Kristus. Matius 27:17 mengatakan “Karena mereka sudah berkumpul di sana, Pilatus berkata kepada mereka: ”Siapa yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu, Yesus Barabas atau Yesus, yang disebut Kristus?” Dia berharap mereka akan memilih Yesus. Namun mereka malah memilih Barabas. Pilatus tidak bisa membela Yeus lebih jauh karena harus menghormati pilihan mereka dan membebaskan Barabas, serta mengirim Yesus untuk kemudian disalibkan.

Apa arti dari nama Barabbas? Dalam bahasa Ibrani, nama Barabbas bisa dibagi menjadi dua kata: bar yang berarti "anak dari" dan abbas yang berarti "bapa". Sedangkan nama Barabbas secara harfiah berarti "anak dari bapa", Yesus Kristus adalah "Anak Allah Bapa" yang sejati dan sebenarnya. Menarik untuk dicatat bahwa beberapa versi Alkitab mengacu pada Barabbas sebagai "Yesus Barabbas" dalam Matius 27:16-17, yaitu “Dan pada waktu itu ada dalam penjara seorang yang terkenal kejahatannya yang bernama Yesus Barabas. Karena mereka sudah berkumpul di sana, Pilatus berkata kepada mereka: "Siapa yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu, Yesus Barabas atau Yesus, yang disebut Kristus?”. Pada dasarnya, Pilatus meminta pemimpin Yahudi untuk memilih antara Yesus Barabbas atau Yesus yang disebut Mesias.

 

Baca Juga: Selain Menampakkan Diri pada MuridNya,4 Hal Yang Tuhan Yesus Lakukan Sebelum Naik Ke Surga

 

Menurut Matius 1:21, yaitu “Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Nama Yesus berarti "penyelamat". Oleh karena itu, Yesus Barabbas mencoba menjadi penyelamat orang Yahudi dengan mengambil bagian dalam pemberontakan fisik terhadap otoritas Romawi. Di sisi lain, Yesus Kristus, penyelamat sejati, akan mati di kayu salib untuk membebaskan secara rohani seluruh umat manusia dari belenggu dosa. Barabbas adalah perampok, pembunuh, dan pemberontak. Dia telah mencoba menyelamatkan orang Yahudi melalui pemberontakan. Secara karakter, Barabbas mewakili iblis, yang merupakan pembunuh sejak awal. Sebaliknya, Yesus adalah Pangeran Damai. Dia tidak menggunakan paksaan untuk menarik orang kepada-Nya. Kasih Yesus yang terlihat dari kematian-Nya di kayu salib.

Halaman :
1

Ikuti Kami