Bahaya Akar Kepahitan Untuk Tubuh dan Kerohanian Kita, Deteksi Dengan 3 Pertanyaan ini!
Sumber: teaching humble

Kata Alkitab / 1 May 2023

Kalangan Sendiri

Bahaya Akar Kepahitan Untuk Tubuh dan Kerohanian Kita, Deteksi Dengan 3 Pertanyaan ini!

Naomii Simbolon Official Writer
17798

Akar kepahitan adalah hal yang sangat mengerikan dalam hidup setiap orang. Akar itu bisa bertumbuh sehingga menghambat pertumbuhan kita dalam Kristus dan itu benar-benar buruk!

Kepahitan bisa berkembang menuju kemarahan yang sangat ekstrim, kita akan bicara buruk mengenai sebuah objek yang kita benci dengan harapan bisa membohongi orang lain untuk setuju dengan kita dan membenarkan perasaan kita.       

Jika itu tidak disingkirkan dan dihancurkan maka kepahitan bisa menghancurkan orang itu sendiri, sedangkan orang yang ia benci mungkin tidak begitu banyak terpengaruh.

Dan selama kita menyimpan kepahitan, orang-orang di sekitar kita akan banyak yang terluka karena kita, relasi-relasi kita semua dihalau, sukacita kita dicuri dan pertumbuhan iman kita terhambat.

 

Baca Juga: Kepahitanku Sembuh Berkat Jawaban Doa – Melinda

 

Di bawah ini, ada 3 cara untuk kita menemukan akar kepahitan dalam hidup kita :

1. Apakah kamu memutar ulang hasil rekaman kamu di masa lalu?

Apakah hari ini kamu memutar kembali memori percakapan kamu dengan seseorang? Ketika kamu berinteraksi dengannya, dan menghabiskan hari-hari mengulang setiap perkataannya dan bahasa tubuhnya dipikiranmu?

Kepahitan tumbuh subur di tanah pembenaran. Saya telah menemukan diri saya terpaku sekian tahun dengan interaksi saya dengan orang tua saya, saya mencari pembenaran untuk sebuah kemarahan. Saya belajar bahwa jika saya selalu memutar apa yang mereka lakukan kepada saya, maka saya harus belajar melihatnya sebagai bendera merah bahwa ada sesuatu yang salah di hati saya.

 

Baca Juga: Kepahitan Sama Gereja, Bagaimana Cara Mengatasinya?

 

2. Apakah cara bicaramu di luar kendali?

Roma 3:14 mengatakan: "Mulut mereka penuh dengan sumpah serapah,"

Apa hubungan antara sampah yang keluar dari mulut dan kepahitan kita? Ya, tentu saja ada hubungannya karena kepahitan cenderung berakar di hati kita.

Apakah kita sedang menemukan diri kita kehilangan ketenangan dan damai sejahtera? Apakah kita menjadi seseorang yang sangat kritis dan kasar? Apakah kita merasa lebih mudah menyumpahi orang lain setelah berinteraksi dengan mereka yang menyakiti kita?

Mungkin dosa-dosa yang kita lakukan dengan mulut kita hanyalah perpanjangan dari kepahitan yang kita biarkan tumbuh di hati kita.

Jika kita mencoba untuk berurusan dengan cara kita berbicara dan tidak menemukan alasannya, mungkin kita perlu menggali lebih dalam dan mencabut akar masalahnya.

 

Baca Juga: Kepahitanku ke Papa Buat Aku Merasa Tak Berharga – Yerlina Waruwu

 

3. Apakah kamu sakit sesuatu?

Psikolog Dr. Carsten Wrosch telah mempelajari kepahitan selama 15 tahun.

Dia berkata: "Ketika dipendam untuk waktu yang lama, maka kepahitan bisa menunjukkan pola ketidaknormalan biologis atau gangguan fisiologis yang bisa mempengaruhi metabolisme, respon imun dan fungsi organ serta penyakit fisik."

Para ilmuwan juga sudah menyimpulkan bahwa kepahitan jika dibiarkan akan menganggu sistem hormonal dan kekebalan tubuh. Orang yang pahit cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan denyut jantung kencang sehingga rentan mengalami penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Tentu saja Rasul Paulus nggak punya akses ke data ilmiah ini ketika dia menulis di Perjanjian Baru, tetapi hal itu nggak mencegahnya menghubungkan titik-titik antara kepahitan dan tubuh kita.

Dalam Kisah Para Rasul 8:23,  Paulus menggambarkan "empedu kepahitan," adalah zat pahit yang benar-benar membuat kita sakit.

Tapi ingat, tentu saja nggak semua penyakit fisik adalah buah dari akar kepahitan, tetapi ada yang demikian. Coba renungkan, apakah sel-sel tubuh kamu menurun saat ini karena di bawah tekanan berat dari kepahitan yang tak terkendali?

 

Baca Juga: Sempat Kepahitan dan Belajar Ilmu Hitam, Dadan pun Berubah Setelah Merasakan Ini

 

Nah, demikian 3 cara yang perlu kamu selidiki dalam dirimu, apakah kamu memiliki kepahitan atau tidak sama sekali? Lepaskanlah dan pastikan bahwa kamu sudah bebas.

Jika kamu membutuhkan sharing dan rindu untuk dilayani, maka kamu bisa menghubungi SAHABAT24 di nomor Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/InginDidoakan

 

Mereka akan melayanimu!

Sumber : crosswalk | jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami