Apa Itu Gehenna? Mengapa Yesus Ucapkan Saat Membicarakan Neraka? Yuk Simak Penjelasannya
Sumber: rendydinar.github.io

Kata Alkitab / 24 April 2023

Kalangan Sendiri

Apa Itu Gehenna? Mengapa Yesus Ucapkan Saat Membicarakan Neraka? Yuk Simak Penjelasannya

Bella Tiurma Official Writer
5662

Gehenna yang biasa dikenal juga dengan sebutan Gehinnom, kata yang berasal dari bahasa Ibrani yaitu Gai-Ben-Hinnom, berarti lembah anak Hinom yang terletak di pinggiran Yerusalem, Israel. Gehenna digambarkan sebagai tempat yang membiliki aroma yang tidak sedap dan lingkungan yang membuat setiap orang yang tinggal disana mudah jatuh sakit. Dimana penduduk sekitar gehenna akan membawa sampah mereka dan dibiarkan membusuk begitu saja, sehingga menimbulkan banyak penyakit bahkan meninggal karena efek yang melemahkan manusia. 

Kata gehenna dalam beberapa kali disebutkan di dalam Alkitab dan untuk pertama kalinya kata gehenna disebutkan berawal dari Musa membawa bangsa Israel dari Mesir ke Tanah Perjanjian (Eksodus). Ketika mereka sampai di Tanah Perjanjian dan menerima wilayah tanah yang berbeda, seperti yang tertulis dalam Yosua 15 : 8 “Kemudian batas itu naik ke lembah Ben-Hinom, di sebelah selatan sepanjang lereng gunung Yebus, itulah Yerusalem; kemudian batas itu naik ke puncak gunung yang di seberang lembah Hinom, di sebelah barat, di ujung utara lembah orang Refaim.” 

Baca Juga : Fakta Alkitab: 3 Tingkat Bagian Neraka yang Dicatat dalam Alkitab

Di sisi lain, ketika Yesus membicarakan tentang neraka biasanya Ia menggunakan kata gehanna. Seperti ketika menceritakan Yesus berbicara pada orang-orang tentang menghindari dosa pada kitab Matius  5 : 29 – 30 dan beberapa kali disebutkan dalam kitab Injil Matius dan Wahyu. 

Yesus menggunakan gehenna untuk memperingatkan kepada seluruh umatNya mengenai neraka, karena gehenna adalah sebuah tempat di masa lalu dimana setiap orang biasa mengorbanankan anak-anaknya ke dalam api untuk diberikan kepada berhala Molekh.  

Yesus juga menginginkan setiap umat Kristiani dapat mengetahui kengerian neraka dan pentingnya hidup suci dalam Tuhan. Karena dalam Alkitab gehanna mewakili penggambaran sebuah tempat siksaan dimana api akan terus menyala dan dimana tidak ada belas kasihan yang diberikan. 

Namun dari gehanna kita dapat mempelajari beberapa hal penting, yaitu setiap umat Kristiani tidak boleh menyembah Allah- Allah palsu, dimana yang seharusnya setiap umat Kristiani harus tetap setiap setia pada Allah yang hidup. Allah yang menciptakan setiap umat-Nya dan tidak pernah meninggalkannya, sehingga menyebabkan kita melayani Tuhan palsu. 

Selanjutnya perlunya setiap umat Kristiani mengajarkan kepada generasi selanjutnya untuk tetap setia mengikuti Tuhan Yesus, jangan sampai mereka tersesat dan mengikuti Allah lain. Selain itu, setiap umat Kristiani dapat memberitahukan kepada setiap generasi muda bahwa ketika melakukan suatu penyimpangan melayani Allah lain akan menerima konsekuensi dari Tuhan Yesus. 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami