Obat Kuatir dan Rasa Takut (Part 2)
Sumber: forbes

Kata Alkitab / 23 April 2023

Kalangan Sendiri

Obat Kuatir dan Rasa Takut (Part 2)

Admin Spiritual Official Writer
16298

Beberapa hari yang lalu, kita telah mendiagnosa penyakit kuatir dan takut. Hari ini Saudara akan mendapatkan resep obat yang tepat dan apotik firman Tuhan yang terpercaya untuk menyembuhkan penyakit tahunan Saudara ini.

Ada Enam Jenis Ketakutan dan Obatnya

1. Takut kepada hal yang tidak diketahui

Ketakutan kepada hal yang tidak diketahui mendorong orang untuk bertanya kepada horoskop/paranormal dan kepercayaan yang menipu lainnya. Sadarkah Saudara bahwa Yesus Kristus itu adalah Tuhan penguasa semesta alam yang notabene mengetahui segala ciptaanNya? Jika Saudara sedang bertanya tentang poin nomor satu ini, datang dan percayalahlah kepada Tuhan. Ia adalah obat yang tepat untuk penyakit Saudara.

Mazmur 37:23-25 - TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya. Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti.

 

Baca Juga: Obat Kuatir dan Rasa Takut (Part 1)

 

2. Takut Mati

Naik kapal takut mati, naik pesawat takut mati, naik kereta takut mati, naik mobil takut mati, tidur takut mati, salah makan takut mati. Apakah Saudara mempunyai fakta lainnya untuk menambahkan daftar rasa takut di atas? Tetapi sepanjang apa pun daftar itu, tetap ada obatnya. Yaitu : Setiap orang satu demi satu mati. Artinya, setiap orang hanya menunggu gilirannya dipanggil Tuhan untuk R.I.P (Rest In Peace).

Yakobus 4:14 - sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.

Perhatikan hal ini dan jadikanlah salah satu motto Saudara; "Orang yang siap mati akan benar-benar siap untuk hidup".

 

3. Takut terhadap manusia

Mungkin Saudara saat ini adalah tipe seseorang yang takut akan pendapat orang lain, ancaman orang lain, kritik orang lain dan lain-lain. Nih dia obatnya : Takut akan Tuhan.

Ibrani 13:6 - Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?"

 

Baca Juga: Lelah, Gelisah, Takut, dan Kuatir Tidak Berkuasa Atasmu. Asal Kamu Berani Mengklaim Ini!

 

4. Takut gagal

Banyak orang takut gagal : gagal bekerja, usaha, sekolah, pranikah, menikah dan pelayanan.  Obat penawarnya ialah : Tuhan yang merancang damai sejahtera itu, kenapa harus merasa takut gagal?

Yeremia 29:11 - Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

 

5. Takut Dikhianati

Faktanya, pengkhianatan menghasilkan : perceraian, pelecehan dan gosip. Ingatlah sejarah berikut :

  • Yudas mengkhianati Yesus.
  • Absalom mengkhianati Daud
  • Demas mengkhianati Paulus

Mereka yang telah dikhianati tetap menjadi history maker yang dimuliakan dari generasi ke generasi. Jika Saudara tidak ingin berakhir menjadi pencetus sejarah pengkhianat dan mati sia-sia, obat penawar kita kali ini ialah : Hiduplah dalam kasih karunia Tuhan.

Ibrani 12:15 - Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.

Cepat atau lambat akan ada orang yang Saudara kasihi akan mengkhianati Saudara. Pertanyaanya, apakah Saudara memilih bereaksi menjadi pahit (bitter) atau lebih baik (better)?

 

Baca Juga: 3 Cara Praktis Mengatasi Rasa Kuatir

 

6. TAKUT KEKURANGAN

Hidup di jaman yang serba cepat, sulit dan tingkat persaingan yang tinggi menjadikan banyak orang terjebak dengan perasaan takut kekurangan. Mereka takut menjadi miskin, tidak mempunyai uang dan harta benda yang banyak seperti orang-orang lainnya. Jika Saudara terus-terusan berdiam diri dengan kondisi seperti ini, dipastikan Saudara akan menjadi seorang penjahat bagi diri Saudara sendiri. Karena tidak sedikit hal ini menambah angka tingkat stress yang terjadi pada generasi kita. Sebelum terlalu jauh ke sana, ada obat yang bisa menyembuhkan Saudara yaitu : Tuhan sumber kelimpahanku.

Roma 8:32 - Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?

Ingat, musuh iman adalah kekuatiran dan ketakutan. Jadi jika Saudara sedang mengalami dua hal ini, berarti ada yang salah dengan iman Saudara. Segera periksakan diri Saudara kepada dokter yang tepat, yaitu Tuhan Yesus Kristus dan temukan diagnosa yang tepat melalui firmanNya (Alkitab/renungan harian). Selanjutnya minum obat yang diberikan (maksudnya bertindak karena Saudara percaya) supaya HARI INI Saudara sembuh.

Tuhan memberkati.

Sumber : Leonardo Sitorus
Halaman :
1

Ikuti Kami