3 Tips Bijak Penggunaan Paylater agar Terhindar Hutang Setelah Lebaran
Sumber: teropongmedia.id

Finance / 20 April 2023

Kalangan Sendiri

3 Tips Bijak Penggunaan Paylater agar Terhindar Hutang Setelah Lebaran

Bella Tiurma Official Writer
1371

Setiap hari raya besar tiba mungkin kebanyakan orang akan memiliki pengeluaran yang banyak untuk kebutuhan yang perlu dibeli, belum lagi THR yang akan diberikan kepada saudara. Hal ini akan membuat setiap orang mengambil cara mudah dengan menggunakan kartu kredit atau paylater atau bahkan sampai melakukan peminjaman online. Situsi ini didukung dengan kondisi keuangan yang belum turunnya gaji ataupun THR dari tempat kerja, atau mungkin THR sudah turun tapi hanya setengah. 

Kondisi yang mendesak atau memang terpaksa untuk mengambil cicilan dan memakai paylater itu tidak masalah, tetapi kita harus bisa mengetahui terlebih dahulu alasan utama yang memperkuat untuk mengambil cicilan atau penggunaan paylater. Misalkan kondisi yang benar-benar mendesak tidak bisa ditunda, bukan karena gengsi gaya hidup semata, ataupun menjadi cuan hunter atau mendapatkan keuntungan menghasilkan uang lagi dari sebuah promo.

Baca Juga : Mampet Bayar Hutang Gara-gara Lagi Pandemi? Gini Cara Atasinya

Dengan demikian, simak tips bijak berikut ini untuk menggunakan paylater supaya tidak dikejar-kejar debt collector setelah lebaran. 

1. Jangan pernah pakai paylater untuk sebuah keinginan 

Ketika kita sangat terpaksa untuk mengambil cicilan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan yang akan dibeli sebuah kebutuhan dan bukan sebuah keinginan saja. Jika kita sangat menginginkan suatu barang yang itu adalah sebuah keinginan kita saja, sebaiknya ditahan dulu untuk menabung. 

Sebelum kita mengambil cicilan ataupun paylater, tanyakan kembali pada diri sendiri apakah yang dibeli adalah sebuah kebutuhan bukan keinginan saja, pikirkan kembali jika ingin membeli sesuatu dengan cicilan apakah ke depannya kita akan masih bisa hidup atau tidak, dan cek kembali apakah harus banget membeli barang tersebut sekarang atau bisa ditunda dulu. 

Setiap orang yang ingin memakai paylater atau mengambil cicilan, harus melihat hal yang boleh dicicil adalah sesuatu kebutuhan yang bisa menjadi produktif membantu untuk menghasilkan uang lagi. Jika hanya sebuah keinginan saja apalagi hanya bentuk konsumtif, tentu saja boleh dibeli tapi lebih baik nabung dahulu bukan memakai cicilan. 

2. Mengetahui lebih dulu sumber pendapatan untuk pelunasannya 

Pada saat ingin mengambil cicilan atau menggunakan paylater, sebaiknya memeliki dana darurat yang bisa digunakan ketika keadaan terdesak dan sangat membutuhkan dana cepat. Ketika kondisi yang dialami suatu keadaan yang sangat terdesak untuk meminjam uang, perlu dipikirkan dengan baik bagaimana cara membayarnya di bulan depan. Jangan sampai kita mengalami efek snowball atau terlilit hutang yang semakin lama semakin besar.

Baca Juga : Ngerinya 4 Jenis Utang Cicilan 'Kekinian' Yang Wajib Diketahui. Yuk Lebih Waspada!

Jangan sampai menjadi orang yang memiliki mindset yang selalu mengambil budget dari kategori lain untuk digunakan. Setiap orang dapat membuat perencanaan pembagian pengeluaran dari pendapatan dan atur secara jelas nominal dalam setiap kategorinya.  

3. Hitung dengan pasti apakah benar-benar menghasilkan keuntungan dari sebuah promo 

Khusus tips ketiga ini menjadi perhatian khusus bagi setiap orang yang menjadi cuan hunter atau mengambil kesempatan untuk mendapatkan keuntungan uang lagi. Harus hitung dengan benar apakah itu benar adanya akan menghasilkan uang lagi atau tidak dari sebuah promo. 

Setiap orang yang ingin menggunakan paylater dan cicilan yang menawarkan berbagai promo yang menggiurkan, harus membandingkan terlebih dahulu berapa biaya tambahan yang harus dibayarkan dengan total promo yang kita dapatkan. Serta harus membandingkan harga barang ketika dibeli dengan cicilan dengan membeli dengan cash. Karena untuk menghasilkan kembali uang dari promo itu bukan cuma sekedar dari percaya kata orang lain saja.

Baca Juga : Liburan Sekarang, Bayar Nanti! Bijak Ngga Sih Lakukan Hal Ini?

Oleh karena itu, walaupun limit yang ditawarkan besar dan untuk pemakaiannya mudah dibandingkan dengan bank, tapi setiap orang perlu mengingat bahwa ada harga yang harus dibayar yaitu bunga dan denda yang tinggi jika terlambat membayarkannya. Jika setiap orang yang kena denda keterlambatan pembayaran, akan berdampak pada gangguan credit scorenya. Begitupun jika setiap orang selalu membayar cicilan dengan tepat waktu, belum tentu akan memberikan efek baik pada credit scorenya. 

Jikalau kondisi memaksa untuk menggunakan cicilan atau mengambil paylater, harus pastikan memakai aplikasi paylater yang legal, supaya terhindar dari kejaran debt collector yang bermain kasar. Sehingga buat kamu yang ingin menggunakan paylater, dapat bijak untuk memutuskannya dan jangan lupa siapkan perencanaan dananya.

Sumber : Youtube Channel Felicia Putri Tjiasaka
Halaman :
1

Ikuti Kami