Ingin Punya Waktu Teduh Bersama Pasangan? Simak 3 Cara Berikut!
Sumber: canva.com

Marriage / 19 April 2023

Kalangan Sendiri

Ingin Punya Waktu Teduh Bersama Pasangan? Simak 3 Cara Berikut!

Bella Tiurma Official Writer
1653

Waktu tenang adalah waktu yang dapat ditentukan oleh setiap pasangan meluangkan waktunya dari kesibukan sehari-hari untuk terhubung dengan Tuhan. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti berdoa, membaca Firman Tuhan, meditasi kitab suci, ataupun membaca renungan. 

Setiap pasangan di dalam pernikahan yang dapat mengambil waktu tenang, bukan hanya sekedar menghabiskan waktu bersama Tuhan dan mendengarkan suara kita saja. Tetapi memberikan ruang pada setiap pasangan dalam keheningan untuk mendengarkan suara Tuhan. 

Sebuah hubungan pernikahan yang memiliki anak, pekerjaan, tanggung jawab, dan semua hal lainnya akan terlihat sulit. Sehingga memiliki waktu teduh bersama di dalam hubungan pernikahan adalah hal penting untuk mendapatkan landasan yang kokoh bagi pernikahan dan keluarga. Tak hanya waktu untuk menyendiri, tetapi waktu untuk berdoa dan membaca Firma Tuhan.

Baca Juga : 3 Alasan Kenapa Belajar Alkitab Bareng Pasangan Itu Baik Bagi Pernikahanmu

Menyeimbangkan kehidupan keluarga dan menyisihkan waktu bersama dapat menjadi sebuah tantangan bagi setiap pasangan. Namun, dengan waktu teduh setiap pasangan akan merasakan begitu besar kasih Allah di dalam hubungan pernikahan. Lalu, bagaimana caranya kita dapat memiliki waktu teduh bersama? Simak 3 cara berikut ini. 

1. Mengambil Sebuah Kesepakatan untuk Menyisihkan Waktu 

Setiap pasangan dapat berdiskusi dan mengambil sebuah keputusan bersama untuk bisa menyisihkan waktu 15 – 30 menit untuk sama-sama mengambil waktu teduh. Setiap pasangan dapat memulai dengan berdoa tentang seperti apa yang Tuhan inginkan dalam hubungan pernikahan dan kehidupan keluarga. 

Kapan pun dan dimana pun anda berada, ketika memiliki kesempatan untuk menyisihkan waktu sendiri dapat digunakan dengan bijak. Serta mintalah pada Tuhan untuk memberkati waktu yang anda sisihkan untuk melakukan waktu teduh. 

2. Pemilihan Sumber yang Tepat 

Tidak ada hal yang lebih membuat frustasi dibandingkan ketika memiliki keinginan untuk mempelajari Firman Tuhan, tetapi tidak mengetahui harus memulai darimana. Selain Alkitab, sudah banyak sekali sumber daya yang bisa dipakai  dalam membantu setiap pasangan untuk bisa memulainya. Bahkan sudah ada buku perencanaan membaca Alkitab dalam setahun ataupun buku-buku yang bisa membangun kedewasaan iman setiap pasangan.

Baca Juga : Bangun Kebiasaan Keluarga Ilahi, Mulai Berdoa Bersama Pasangan dengan 3 Contoh Doa ini! 

Namun, agar terhindari dari hal-hal yang membuat setiap pasangan menjadi kewalahan. Setiap pasangan dapat memulai dengan membaca Alkitab bersama, dan biarkan Tuhan memimpin anda untuk menemukan suatu pemahanan dan pesan yang unik yang hanya didapatkan untuk setiap pasangan. 

Dalam kitab Ibrani 4 : 12 “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh. Sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.” Dalam ayat ini, setiap pasangan dapat mengetahui bahwa tidak ada sumber yang lebih berharga untuk membantu dalam mengarahkan dan memberikan pembelajaran dari Tuhan dan Firman-Nya menjadi dasar. 

3. Berdoa 

Cara lain yang paling berharga dalam mengambil waktu teduh adalah dengan berdoa. Dengan membuat jurnal doa, setiap pasangan dapat menuliskan hal-hal yang diperlukan didoakan. Ketika cara ini digunakan terus menerus, setiap pasangan akan dapat melihat bagaimana Tuhan datang ke dalam kehidupan keluarga anda dan melihat kesetiaan Tuhan yang muncul terus-menerus. Hal tersebut akan membuat iman yang dimiliki setiap pasangan akan terbentuk semakin kuat dan membangun kepercayaan satu sama lain.  

Ketika setiap pasangan mulai melihat manfaat dari menghabiskan waktu bersama dalam keheningan Tuhan, tak ada seorangpun yang tidak mendambakan kembali kebersamaan ini dan akan merasakan hampa jika tidak melakukannya. Luangkanlah waktumu bersama pasangan untuk mengambil waktu teduh dan rasakan manfaatnya dalam hubungan pernikahan. 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami