7 Tanggung Jawab Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak
Sumber: canva.com

Relationship / 4 April 2023

Kalangan Sendiri

7 Tanggung Jawab Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak

Wisnu Prianggani Contributor
1451

Pendidikan anak adalah tanggung jawab utama bagi para orang tua. Bertanggungjawab untuk membentuk karakter anak-anak dari kecil hingga dewasa dan memastikan mereka hidup dalam ketaatan kepada Tuhan. Jika Anda masih bingung dengan tanggung jawab apa saja yang harus dilakukan oleh orang tua, Alkitab mengajarkan tujuh tanggung jawab untuk orang tua sehingga dapat membentuk karakter anak-anak dengan benar. 

1. Mendidik Anak Dalam Kebenaran

Mendidik anak-anak dengan benar adalah tanggung jawab utama orang tua. Amsal 22:6 mengatakan, “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” Orang tua harus mengajarkan anak-anak mereka tentang nilai-nilai Alkitab dan membimbing mereka dalam hidup yang berkarakter.

 

Baca Juga: Begini 7 Cara Tepat Mendidik Anak Tanpa Harus Hancurkan Karakternya

 

2. Memberikan Teladan yang Baik

Orang tua harus memberikan teladan yang baik bagi anak-anak. 1 Yohanes 3:18 mengatakan, “Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.” Oleh karena itu, orang tua harus memberikan contoh yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari dan mengajarkan anak-anak tentang pentingnya hidup sesuai dengan nilai-nilai Alkitab.

 

3. Membimbing untuk Hidup dalam Ketaatan

Orang tua harus membimbing anak-anak untuk hidup dalam ketaatan kepada Tuhan. Amsal 4:10 mengatakan, “Hai anakku, dengarkanlah dan terimalah perkataanku, supaya tahun hidupmu menjadi banyak.” Orang tua harus mengajarkan anak-anak tentang pentingnya hidup sesuai dengan kehendak Tuhan dan membimbing mereka dalam pengambilan keputusan yang benar dengan menerima perkataan Tuhan.

 

4. Mengasuh Anak-Anak dengan Penuh Kasih

Mengasuh anak-anak dengan penuh kasih juga tanggung jawab yang sangat penting bagi orang tua. Karena Allah terlebih dulu mengasihi kita seperti yang Roma 5:8 katakan, “Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.” Oleh karena itu orang tua harus menunjukkan kasih sayang yang sama kepada anak-anak dan memberikan perhatian yang memadai terhadap kebutuhan mereka.

 

Baca Juga: Ajarkan Anak Soal Teologi Bermanfaat Buat 5 Hal Ini Loh….

 

5. Memberikan Perhatian dan Kebutuhan Dasar

Sebagai orang tua, kita harus memberikan perhatian dan kebutuhan dasar anak. Matius 18:5 mengatakan, “Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku.” Seperti Tuhan yang menyambut kita dan memberikan segala kebutuhan kita, 0oang tua harus memberikan perhatian yang memadai seperti kebutuhan fisik, emosional, dan rohani anak-anak.

 

6. Disiplin Anak dengan Bijaksana

Disiplin adalah bagian penting dari mendidik anak-anak, tetapi disiplin yang tidak tepat dapat merusak perkembangan anak-anak. Orang tua harus disiplin anak-anak dengan bijaksana dan penuh kasih sayang. Amsal 13:24 mengatakan, “Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya.” Ayat ini mengingatkan orang tua agar dapat mengajarkan anak-anak tentang konsekuensi dari tindakan yang dilakukan dan membimbing mereka untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka. Bentuk disiplin yang dilakukan orang tua harus tepat pada waktunya.

 

7. Mendoakan Anak-Anak dan Keluarga

Mendoakan anak-anak dan keluarga adalah tanggung jawab yang paling penting. Yakobus 5:16 mengatakan, “Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” Orang tua harus selalu mendoakan anak-anak mereka dan meminta perlindungan Tuhan bagi keluarga mereka.

Dari tujuh tanggung jawab tersebut, orang tua harus menyadari bahwa tanggung jawab tersebut sangat besar sehingga dalam proses pembentukan karakter anak, mereka dapat hidup sesuai dengan karakter dan ketaatan yang benar kepada Tuhan. Sekali lagi tujuh tanggung jawab utama orang tua yang sudah dijelaskan dalam Alkitab adalah mendidik anak-anak dalam kebenaran dan nasehat Tuhan, memberikan teladan yang baik, membimbing anak-anak untuk hidup dalam ketaatan kepada Tuhan, mengasuh anak-anak dengan penuh kasih sayang, memberikan perhatian dan kebutuhan dasar anak, disiplin anak dengan bijaksana, dan mendoakan anak-anak dan keluarga. Orang tua masa kini harus memperhatikan dan menerapkan tanggung jawab ini agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berkarakter dan hidup dalam ketaatan kepada Tuhan.

Halaman :
1

Ikuti Kami